Kendal dan Pekalongan Digoyang Gempa Bumi 2,6 Magnitudo

Kendal dan Pekalongan Digoyang Gempa Bumi 2,6 Magnitudo

Infografis gempa bumi di Kabupaten Kendal --

RADAR TEGAL - Gempa bumi menggoyang wilayah Kendal dan Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, Kamis 28 September 2023. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang diragukan keberannya, serta memastikan kebenaran informasi melalui akun resmi BMKG.

Kepala Stage of Banjarnegara Hery Susanto Wibowo dalam keterangan yang diunggah di akun media sosial Instagram menyebut hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M2,6. Sedangkan untuk episenter terletak pada koordinat 7.08° LS; 110.02° BT, 26 km arah barat daya Kendal dengan kedalaman 7 Km.

"Memperhatikan lokasi episenter kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis dangkal. Akibat adanya aktivitas sesar lokal,"katanya.

Terkait dampaknya, Hery mengungkapkan, gempa bumi tektonik dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hingga pukul 01.57 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya kali genmpabumi susulan (aftershock),"terangnya.

Selanjutnya, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, menghindarkan diri dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi tektonik yang membahayakan kestabilan bangunan. Sebelum anda kembali kedalam rumah,"jelasnya.

Ditambahkannya, masyarakat juga diminta untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. 

Sementara itu, masih dari akun Instagram BMKG Banjarnegara, gempa tektonik juga terjadi di Kabupaten Pekalongan sekitar pukul 01.43 WIB. Dengan pusat gempa pada 15 KM arah tenggara pada kedalaman 258 Kilometer. ***

Sumber: