Ketahui 5 Tips Antisipasi Mobil Mogok Saat Perjalanan Jauh Jelang Libur Panjang

Ketahui 5 Tips Antisipasi Mobil Mogok Saat Perjalanan Jauh Jelang Libur Panjang

Ketahui 5 Tips Antisipasi Mobil Mogok Saat Perjalanan Jauh Jelang Libur Panjang--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

3. Periksa Kondisi Ban

Ban adalah salah satu bagian penting mobil yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Jika kondisi ban sudah tidak layak pakai, maka akan memperngaruhi daya cengkram cakram.

Cara memeriksa kelayakan ban adalah dengan melihat seluruh permukaan ban, apakah ada retak dalam permukaan ban, dan memastikan ketebalan alur ban masih di atas 50 persen.

Adapun kondisi bunga telapak ban yang masih cukup tebal dapat membantu mengeluarkan air saat melintasi jalan basah, sehingga menekan risiko aquaplaning.

4. Periksa Aki dan Sistem Pencahayaan

Sistem elektrikal dan pencahayaan mobil menggunakan sumber listrik dari aki. Perjalanan jarak jauh terutama di malam hari akan mengandalkan sistem penerangan yang baik.

Maka dari itu selalu pastikan kondisi aki dan lampu penerangan pada mobil berfungsi dengan baik. Pastikan juga semua lampu pada mobil dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Jika ada lampu yang mati, segera ganti atau perbaiki jalur kelistrikannya.

Periksa pula aki mobil menggunakan multitester, apakah tegangannya cukup atau berkurang. Jika tegangannya berkurang, sebaiknya segera isi ulang atau ganti aki baru.

BACA JUGA:Yamaha MX King 2023 Tampil dengan Mesin Lebih Gagah dan Tangguh

BACA JUGA:Kelebihan Hyundai Custo 2023, Ada Lampu Belakang Model Huruf C, Mesin Bensin Turbocharger 2.0 Liter

5. Pastikan Seluruh Sistem Pengereman Dalam Kondisi Baik

Sistem pengereman merupakan salah satu sistem keselamatan yang paling vital dalam mobil. Oleh karena itu, penting untuk memastikan seluruh sistem pengereman dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan jauh.

Cara memeriksa sistem pengereman adalah dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan rem dapat bekerja dengan baik, termasuk rem tangan.
  2. Periksa level minyak rem. Jika kurang dari batas minimal, maka perlu dilakukan cek jikalau ada kemungkinan terjadi kebocoran.
  3. Periksa kondisi kampas rem. Bagian ini biasanya tidak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup bersihkan bagian tersebut dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak untuk dipakai.

Jadi itulah beberapa tips yang mungkin membantu anda dalam melancarkan libur panjang anda dengan mengantisipasi mobil mogok saat perjalanan jauh.

Kesimpulan

Sumber: