Puncak Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan, DPKH Gelar Kontes Domba dan Kambing

Puncak Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan, DPKH Gelar Kontes Domba dan Kambing

Sejumlah peternak kambing dan domba ikut kontes yang digelar oleh DPKH Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Ratusan domba dan kambing dari berbagai daerah ikut memeriahkan dalam kontes di puncak kegiatan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2023 di aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Brebes, kemarin.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto melaporkan, pada kegiatan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah dilaksanakan sejak 26 Agustus 2023 lalu. Dan puncaknya, digelar pada Sabtu 23 September 2023.

Menurutnya, berbagai kegiatan telah dilakukan dalam memperingati Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun ini. Seperti pengobatan massal, vaksinasi rabies pada hewan 150 ekor, penandaan ternak sebanyak 3189 ekor, hasil Inseminasi Buatan (IB) 525 ekor dengan jumlah kelahiran 173 ekor dari target IB 1200 ekor 

Kemudian penanaman rumput gama umami, Bimtek Juru Sembelih Halal (Juleha), penyaluran bantuan paket telur sebanyak 300 butir yang di serahkan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes.

"Dan dipuncak kegiatan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan ada kontes domba dan kambing. Ini berkat kerjasama Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Brebes dengan DPKH Brebes," ujar Ismu. 

"Dengan budaya kerja kami yaitu Sehati, Amanah, Kemandirian, Terintegrasi dan Inovatif (SAKTI). Semoga dapat menjalin kerja sama yang baik antara Pemda, masyarakat dan pihak swasta guna pengembangan sektor peternakan di Kabupaten Brebes," lanjutnya.

Dalam acara tersebut juga diserahkan perguliran bantuan 25 ekor induk domba dari Bank Jateng kepada Badan Usaha Milik Petani/Peternak (BUMP) PT Domba Sakub Maju Jaya. 

Sementara itu, usai membuka kontes domba dan kambing, Pj Bupati Urip Sihabudin menuturkan, saat ini sektor peternakan telah bertransformasi menjadi salah satu andalan Kabupaten Brebes. Tentunya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

"Adanya Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan ini menjadi suatu langkah insan peternakan dan kesehatan hewan dalam mensukseska program-program di sektor peternakan, khususnya untuk mengangkat potensi lokal yang dimiliki Kabupaten Brebes," jelasnya.

"Dan nanti muaranya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peternak," lanjutnya.

Adanya kontes domba dan kambing ini diharapkan menjadi ajang pertemuan para usaha peternak kambing dan domba se-Kabupaten Brebes dan daerah lain. Sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatkan pengetahuan beternak untuk membantu pengembangan usaha dari hulu hingga hilir yang berbasis peternakan rakyat dan kemitraan. Serta jaminan Produk Asal Hewan (PAH) sebagai upaya mewujudkan kuliner halal di kabupaten Brebes.***

Sumber: