Nasabah Wajib Tahu, Ini Kelemahan Utama dari DC Pinjol

Nasabah Wajib Tahu, Ini Kelemahan Utama dari DC Pinjol

Kelemahan Utama DC Pinjol--

Tegal, radartegal.disway.id - DC atau debt collector adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan penagihan kepada nasabah yang galbay. DC akan datang ke rumah untuk menagih dan hal ini membuat beberapa nasabah ketakutan. Untuk itu, nasabah harus tahu kelemahan utama dari DC pinjol.

DC pinjol sering memiliki berita yang tidak mengenakan. Pekerjaan DC terkadang dianggap sebelah mata oleh masyarakat. Terlebih lagi, cara mereka melakukan penagihan yang membuat nasabah merasa takut.

Tugas dari DC memang melakukan penagihan. Namun, bukan berarti harus menggunakan kekerasan terhadap nasabah. Hal inilah yang membuat nasabah juga tidak mau untuk menemui DC dan lebih memilih menghindar.

Namun, perlu nasabah ketahui beberapa kelemahan utama dari DC pinjol. Hal ini harus diketahui oleh nasabah agar tidak lagi merasa ketakutan ketika DC datang ke rumah. Berikut beberapa kelemahan dari DC pinjol.

Kelemahan Utama dari DC Pinjol

1. Jangan Terlihat Bodoh

Debt collector akan menganggap semua nasabah itu tidak mengerti atau menganggap jika semua nasabah itu bodoh.

DC menganggap jika semua nasabah merupakan orang yang tidak paham mengenai hukum perdata, hukum pidana, dan risiko peminjaman.

Kelemahan DC inilah yang harus dimanfaatkan untuk menghadapi mereka. Tunjukkan kepada DC bahwa nasabah bukanlah orang yang tidak mengerti, tidak paham, mudah terpengaruhi, dan mudah takut.

Jadi, jika DC mengancam akan memenjarakan nasabah, maka kalian sudah tahu bahwa hal tersebut tidak akan mungkin terjadi.

Debt collector bahkan akan menganggap nasabah sebagai pelanggar hukum dan pelaku kejahatan.

Untuk itu, nasabah harus menguatkan lagi pengetahuan mengenai hukum perdata dan pidana.

2. Tanyakan Kelengkapan Dokumen yang Mereka Miliki

DC biasanya menganggap jika nasabah tidak mengetahui dokumen-dokumen yang ada. Maka dari itu, DC terkadang lupa atau sengaja tidak membawa dokumen resmi penagihan ketika datang ke rumah nasabah.

Maka dari itu, ketika ditanyakan mengenai ID card, maka dc akan langsung merasa cemas. Hal tersebut wajar mereka rasakan karena kesalahannya yang tidak membawa ID card.

Hal ini juga untuk menghindari penipuan yang mengaku sebagai debt collector pinjol.

Tidak tahu mereka mendapatkan data nasabah yang melakukan peminjaman dari mana. Namun, mereka bisa saja datang ke rumah nasabah dan menagih.

Jadi, dengan meminta dokumen yang sah dari debt collector, nasabah akan mengetahui apakah DC tersebut benar dari pinjaman online dimana nasabah meminjam atau bukan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi DC yang datang ke rumah. Jadi, nasabah galbay tidak perlu takut untuk menghadapi DC yang datang ke rumah.

Temui saja mereka dan tanyakan kelengkapan dokumen yang dimilikinya. Jika DC melakukan kekerasan, maka bisa dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Demikianlah informasi mengenai kelemahan utama DC pinjol. Semoga bermanfaat.***

Sumber: