681 Orang Jalani Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Lereng Gunung Slamet, 123 di Antaranya Santri

681 Orang Jalani Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Lereng Gunung Slamet, 123 di Antaranya Santri

PEMERIKSAAN - Para santri dan wali santri di Ponpes Nurul Hikmah Tuwel Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, Sabtu 23 September 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pemeriksaan kesehatan gratis, Sabtu 23 September 2023 digelar di lereng Gunung Slamet. Sebanyak 681 orang menjalani pelayanan medis tersebut.

Dari jumlah pasien yang melakukan pemeriksaan kesehatan, sebanyak 123 di antaranya merupakan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hikmah, Jalan Tuwel, Krajan Barat, Kecamatan Bojong , Kabupaten Tegal.

Pimpinan Ponpes Nurul Hikmah KH Muhammad Ircham mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas kesediaan pihak penyelenggara memilih ponpes yang dipimpinnya sebagai tempat baksos pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat dan santri.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk santri kami dan masyarakat di sekitar ponpes," kata Ircham.

BACA JUGA:Telan Anggaran Rp4,7 Miliar, Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Tegal Kejar Target

BACA JUGA:Kupas Reproduksi Wanita, Dhama Wanita Kota Tegal Gelar Seminar Kesehatan

Founder YBSI Hisnindarsyah menjelaskan, pelayanan medis berupa pemeriksaan kesehatan ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di lingkungan pondok pesantren.

Dalam pemeriksaan kesehatan ini ditemukan berbagai penyakit yang dialami warga. Yakni, darah tinggi atau hipertensi, penyakit kulit dan masalah pada gigi. 

"Kami akan mengubah idiom yang salah, yang selama ini melekat di pondok pesantren, bahwa santri itu terkena penyakit kulit, panuan, kudisan. Di era sekarang ini justru kami bertekad menciptakan santri yang ganteng, santri keren, yakni santri bersih dan sehat,” ujarnya.

Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menambahkan, penyakit yang umum diderita para santri dan lingkungan ponpes adalah penyakit kulit seperti dermatitis dan scabies, juga infeksi saluran pernafasan (ispa).

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Cek Kesehatan Berkala, Labkesda Brebes Luncurkan GEMERLAB

BACA JUGA:Optimalisasi Skrining Riwayat Kesehatan di 30 FTKP, BPJS Kesehatan Dorong Cegah Dini Penyakit Pesertanya

Sedangkan pada wali santri dan guru serta masyarakat umum, mayoritas hipertensi dan osteoartritis atau radang sendi. Adapun solusi pencegahannya adalah meningkatkan kesadaran pola hidup sehat seperti kebersihan dan pola makan.

Sumber: radartegal.disway.id