Mistisnya Alun-alun Suryakencana Cianjur yang Tertinggi di Indonesia, Tempat Bunga Abadi dan Kerajaan Gaib

Mistisnya Alun-alun Suryakencana Cianjur yang Tertinggi di Indonesia, Tempat Bunga Abadi dan Kerajaan Gaib

Alun-alun Suryakencana di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menyimpan pemandangan yang sangat cantik dengan hamparan padang rumput luas dan bunga abadi.-foto; tipadvisor-

RADAR TEGAL - Jika Anda mendaki ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), pasti akan dengan mudah menemui Alun-alun Suryakencana. Yaitu areal padang savana yang luas.

Aun-alun tertinggi di Tanah Air tersebut mempunyai pemandangan yang cantik dan menakjubkan. Selain itu di Alun-alun Suryakencana ini juga tidak hanya ditumbuhi hamparan rumput liar.

Tetapi Anda bisa menjumpai taman edelweiss, sungai, dan tanda puncak Gunung Gede Pangrango sudah semakin dekat. Alun-alun Suryakencana ini berada di ketinggian 2.750 mdpl.

Di Alun-alun Suryakencana ini pulalah, biasanya para pendaki mendirikan tenda. Tak hanya memiliki berbagai macam eksotika alamiahnya, tempat ini juga ternyata menyimpan misteri dan mitos.

Lokasi tumbuhnya bunga abadi

Sebagai tempat yang indah pemandangannya, padang savana yang luas ini menjadi tempat favorit bagi para pendaki di Gunung Gede Pangrango. Selain itu, di lokasi ini juga tumbuh bunga abadi.

Bunga edelweiss atau yang biasa disebut bunga abadi itu merupalkan bunga langka yang banyak tumbuh di sini dan dapat dengan mudah dilihat para pendaki.

Sekadar mengingatkan, para pendaki dilarang keras untuk memetik bunga abadi di Alun-alun Suryakencana tersebut. Mereka hanya diperkenankan melihat atau mengabadikannya.

Tempat kemping terbaik

Karena mempunyai pemandangan alam yang ciamik dan padang rumput yang luas, tempat tersebut  juga menjadi salah satu spot terbaik untuk kemping di Gunung Gede Pangrango. Apalagi meski lokasinya cukup tinggi, tetapi medannya tidak terlalu ekstrem.

Selain itu, lokasinya juga mempunyai areal yang sangat luas mencapai sekitar 50 hektare. Di sekitarnya terdapat sumber mata air, yang dapat memenuhi untuk kebutuhan para pendaki.

Kental aura dan kisah sakral

Namun di balik keindahannya, tempat ini ternyata juga menyimpan kisah mistis dan mitos yang sudah berkembang secara turun temurun. Masyarakat sekitar mempercayai tempat tersebut merupakan kerajaan gaib sebagai tempat kediaman Raden Haji Suryakencana.

Masyarakat sekitar Alun-alun Suryalkencana di Gunung Gede Pangrango menyebutkan Raden Suryakencana merupakan anak dari pernikahan Raden Aria Wira Tanu. Raden yang lebih dikenal sebagai Dalem Cikundul (pendiri Cianjur) menikahi seorang putri jin yakn,i Dewi Arum Sari.

Sumber: