Sering Diteror DC Pinjol Hingga Masuk BI Checking? Ini Langkah Membersihkan Daftar Hitam BI Checking

Sering Diteror DC Pinjol Hingga Masuk BI Checking? Ini Langkah Membersihkan Daftar Hitam BI Checking

CARA MEMBERSIHKAN BI CHECKING AKIBAT GALBAY PINJOL--

RADAR TEGAL - Terlambat membayar cicilan kepada bank atau lembaga keuangan dapat menyebabkan seseorang masuk dalam daftar hitam BI Checking. Lalu, bagaimana cara membersihkan daftar hitam BI Checking?

Keadaan BI Checking yang bersih sangat penting ketika Anda ingin mengajukan kredit di bank atau lembaga keuangan lainnya. Skor BI Checking dapat memiliki dampak besar pada diterimanya pengajuan kredit Anda. 

Apa itu BI Checking?

BI Checking adalah layanan informasi yang menghimpun riwayat kredit nasabah dalam Sistem Informasi Debitur (SID). 

Informasi dalam SID meliputi identitas debitur, agunan, pemilik, jumlah pembiayaan yang diterima, riwayat pembayaran cicilan kredit, hingga catatan kredit macet. 

Data nasabah diterima oleh BI setiap bulan dan diintegrasikan ke dalam sistem SID secara berkala. Layanan informasi riwayat kredit nasabah perbankan dan lembaga keuangan lainnya disebut layanan informasi debitur (iDEB).

BI Checking kini dikenal sebagai Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK, yang dikelola oleh OJK. SLIK digunakan untuk pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, termasuk informasi debitur (iDeb). 

BACA JUGA:Jangan Diabaikan! Waspadai Pinjol dengan Bunga Tinggi, Jika Tidak Bisa Membayar Bisa Didatangi DC

Membersihkan atau pemutihan BI Checking 

Dalam informasi yang dilansir dari laman CIMB Niaga, proses membersihkan nama atau pemutihan BI Checking dilakukan dengan cara melunasi seluruh hutang yang masih tertunggak kepada bank atau lembaga keuangan lainnya. 

Setelah semua tunggakan cicilan dilunasi, Anda dapat memantau BI Checking dan skor kredit Anda. Jika tidak ada perubahan, Anda dapat mengajukan keluhan ke lembaga keuangan tempat Anda memiliki utang, dan Anda juga bisa membawa surat penjelasan atau klarifikasi. 

Jangan lupa untuk mengonfirmasi kepada OJK bahwa Anda telah menyelesaikan kewajiban kredit Anda, dan tunggu hingga BI Checking Anda dinyatakan benar-benar bersih sebelum mengajukan pinjaman kembali.

Berapa lama BI checking akan hilang

Proses pemutihan BI Checking biasanya memakan waktu 24 hingga 60 bulan sebelum nama Anda hilang dari daftar hitam. 

Sumber: