Musim Kemarau Rentan Terjadinya Peristiwa Kebakaran, Kapolres Tegal Kota Bilang Begini

Musim Kemarau Rentan Terjadinya Peristiwa Kebakaran, Kapolres Tegal Kota Bilang Begini

Peristiwa kebakaran lahan yang merembet ke sejumlah kios beberapa waktu lalu--

RADAR TEGAL - Musim kemarau panjang yang melanda saat ini sangat rentan menyebabkan peristiwa kebakaran. Karenanya, masyarakatnya diimbau melakukan upaya pencegahan sehingga bencana tersebut dapat dihindarkan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi mengatakan musim kemarau panjang ini menyebabkan wilayah menjadi rentan terjadinya peristiwa kebakaran. Karenanya, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan.

"Di setiap aktivitas baik di rumah, kantor dan lainnya harus waspada terhadap kebakaran. Karena mengingat cuaca saat ini yang sangat rentan terjadinya kebakaran,"katanya.

Untuk mencegahnya, kata Kapolres, masyarakat perlu melakukan sejumlah upaya antisipasi. Antara lain, tidak membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah.

"Masyarakat kami imbau untuk tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan. Karena, nyala api sekecil apapun dapat menjalar akibat cuaca yang kering dan tiupan angin,"tandasnya.

Selain itu, ujar Kapolres, perlu menyiapkan alat pemadam api ringan (APAR) di rumah, toko dan tempat lainnya. APAR fungsinya untuk memadamkan api seketika agar tidak meluas. 

"Karena, wilayah perkotaan ini sangat padat pemukiman. Jadi perlu kewaspadaan bersama agar peristiwa kebakaran bisa dihindari,"jelasnya.

Selanjutnya, imbuh Kapolres, masyarakat juga perlu menyimpan nomor pemadam kebakaran. Sehingga, jika terjadi peristiwa, dapat menghubungi, agar segera dilakukan penanganan.

"Kita belajar dari beberapa peristiwa kebakaran, sehingga perlu meningkatkan upaya pencegahan,"pungkasnya. ***

Sumber: