Nasabah Galbay Harus Tahu, Ini Lama Teror DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Nasabah Galbay Harus Tahu, Ini Lama Teror DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Berapa Lama Teror DC Pinjol--

Tegal, radartegal.disway.id - Sekarang banyak masyarakat yang menggunakan pinjaman online atau pinjol. Selain itu banyak juga masyarakat yang galbay atau telat membayar. Untuk itu, berikut lama teror DC pinjol yang seringkali membuat cemas.

Dari pinjol ini mereka mendapatkan pinjaman uang yang harus dikembalikan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jika nasabah telat membayar atu tidak membayar, maka akan DC yang datang ke rumah untuk menagih.

Tidak dipungkiri, kemungkinan banyak masyarakat yang dalam keadaan sulit untuk melunasi utang-utangnya. Hal ini karena keadaan mereka yang sedang sulit. 

Jika nasabah telat membayar juga akan ada denda yang harus dibayarkan. Hal ini juga membuat nasabah kesulitan karena akan menambah jumlah yang harus dibayarkan. 

Namun sebenarnya, nasabah tidak perlu takut dengan DC pinjol. Karena telah ada aturan yang dikeluarkan oleh OJK tentang DC dalam menagih utang.

Dalam Pasal 7 PJOK Nomor 6/PJOK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan. PJUK wajib untuk mencegah pihak ketiga yang bekerja untuk mewakili kepentingan PJUK dari perilaku yang dapat berakibat merugikan konsumen, termasuk penggunaan kekerasan ketika penagihan utang konsumen.

Ketika melakukan penagihan, debt collector harus membawa beberapa dokumen. Dokumen tersebut berisi kartu identitas serta sertifikat profesi dalam bidang penagihan yang telah diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi di Bidang Pembiayaan yang telah terdaftar oleh OJK. 

Debt collector juga harus membawa surat tugas yang telah dikeluarkan oleh perusahaan pembiayaan, salinan sertifikat jaminan Fidusia, dan bukti dokumen debitur yang menunjukkan wanprestasi.

Jika nasabah telat membayar bahkan hingga berbulan-bulan, maka DC akan menghubungi terus menerus. DC akan berusaha agar nasabah membayar pinjaman yang telah dipinjam.

Tidak ada yang salah dari tugas DC untuk mengingatkan dan menagih nasabah perihal pembayaran. Namun terkadang DC menggunakan tindakan yang kurang menyenangkan dalam menagih.

Contohnya seperti menggunakan ancaman atau bahkan kekerasan. Dan hal inilah yang salah dari cara penagihan DC tersebut.  

Hal tersebut malahan membuat nasabah cemas dan tidak mau menemui DC. Dari sinilah muncul pertanyaan berapa lama teror DC pinjol dan sampai kapan mereka akan datang ke rumah. 

Lama Teror DC Pinjol

Sebelum nasabah gagal bayar atau galbay, maka bisa melakukan cara agar data yang dimiliki tidak disebar dan tidak bertemu dengan DC.

Sumber: