Lokakarya Pemanfaatan Chromebook dan Akun Belajar Siswa Digelar di SD Negeri Slerok 3

Lokakarya Pemanfaatan Chromebook dan Akun Belajar Siswa Digelar di SD Negeri Slerok 3

CHROMEBOOK-Kepala SD Negeri Slerok 3 Susiyati menyampaikan tentang manfaat mengunakan chromebook dalam lokakarya di SD Negeri Slerok 3 Kota Tegal, Sabtu, 16 September 2023.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Lokakarya pemanfaatan Chromebook dan Akun Belajar siswa digelar Sekolah Dasar (SD) Negeri (N) Slerok 3, Kota Tegal.

Lokakarya tersebut untuk membedah pembelajaran dengan mengunakan komputer. Sehingga guru-guru nanti bisa menerapkan Chromebook dan akun belajar dengan siswa.

"Lokakarya ini untuk pemanfaatan chromebook dan akun belajar siswa sebagai penunjang program dinas. Sedangkan peserta yang mengikutinya terdiri dari operator, guru, pengawas dan kepala sekolah se dabin Slerok atau biasa disebut Penggerak Guru Belajar (Pendekar). Hal itu untuk menaikkan peringkat PNM Kota Tegal yang tadinya 35 agar naik lagi," kata Kepala SD Negeri Slerok 3 Susiyati.

Susiyati mengungkapkan, chromebook merupakan jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu dalam menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih cepat dan mudah. Chromebook sendiri menjalankan ChromeOS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur bawaan terbaik dari Google, serta keamanan berlapis. 

BACA JUGA:50 Peserta Ikut Lokakarya Relawan 2023 PMI Kabupaten Tegal

BACA JUGA: Bersama Mahasiswa, Emak-emak di Desa Ini Berlatih Operasikan Komputer

"Sedangkan akun belajar.id merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform milik Kemendikbudristek, salah satunya platform Merdeka Mengajar," ujarnya.

Tujuan adanya lokakarya itu, supaya guru dan siswa dapat memanfaatkan chromebook sebagai alat pembelajaran. Hal ini merupakan tindak lanjut dari program DISDIK tentang Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk meningkatkan peringkat Kota Tegal di Jawa Tengah. 

Lokakarya tersebut berupa praktik cara membuat google drive dengan menggunakan akun belajar siswa dengan memanfaatkan chromebook serta membuat dokumen melalui google doc yang sudah ada di drive.

"Kami berharap kegiatan itu, bisa maksimal dan chromebook dapat menunjang pembelajaran siswa," pungkasnya. ***

Sumber: radartegal.disway.id