Pemula Harus Tau ini! 2 Tahapan Rutin untuk Cek Kondisi Oli Pada Mobil

Pemula Harus Tau ini! 2 Tahapan Rutin untuk Cek Kondisi Oli Pada Mobil

Tahapan Rutin untuk Cek Kondisi Oli Mobil (pict from istockphoto)--

RADAR TEGAL - Mungkin sebagai pemula sering mengira kalau punya kendaraan khususnya mobil hanya perlu dirawat dengan mencucinya saja. Padahal banyak hal kecil lainnya yang harus diperhatikan, karena punya dampak yang besar jika terus diabaikan.

Hal kecil ini misalnya perlunya kita untuk memanaskan mobil dan juga rutin mengecek kondisi olinya. Jika membahas cek kondisi oli, mungkin kalian mikirnya bakal "ah ribet" padahal ini merupakan hal yang paling mudah untuk dikerjakan.

Untuk cek oli ini kalian hanya perlu melihat kondisi dan juga volume dari oli tersebut. Karena jika sampai kalian tidak memperhatikan perihal oli ini, mesin yang terdapat pada mobil Anda perlahan akan mengalami kerusakan.

Emang gimana sih cara untuk mengetahui perihal oli ini? Yuk simak terus artikel RADAR TEGAL di bawah ini, karena kami akan memberitahu 2 tahapan rutin untuk cek kondisi oli pada mobil.

BACA JUGA: Dibekali Sunroof, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Siap Jadi Pesaing Berat Mobil-mobil MPV Lainnya

 

1. Tempatkan mobil pada permukaan jalanan yang rata

Pertama, yang harus kalian lakukan adalah memarkir mobil Anda ini ke tempat yang punya permukaan jalan rata. Sangat tidak disarankan untuk menempatkan mobil kalian ini pada jalanan yang menanjak atau banyak bebatuan terjal saat akan mengecek kondisi oli.

Setelah Anda memarkirnya, dinginkan terlebih dahulu mesin mobil Anda dengan mematikan kendaraan tersebut. Kurang lebih Anda harus menunggunya selama satu jam an.

Kenapa kita perlu mendiamkan mesin mobil terlebih dahulu? alasannya agar oli yang berada pada mobil saat dihidupkan tadi, dapat kembali turun ke tempatnya saat mesin mobil dimatikan. 

2. Buka bagian kap mesin dan tariklah dipstick olinya

Kedua, yang perlu kalian lakukan ialah membuka kap bagian mesin. Setelah itu tariklah tuas dipstick olinya.

Perlu kalian ketahui, fungsi menarik tuas dipstick ini untuk bisa melihat ketinggian dari oli yang terdapat pada kendaraan kalian. Nantinya kalian bisa melihat ketinggian oli tersebut, karena ada penanda untuk maksimal dan minimal olinya.

BACA JUGA: Tampilan Baru Motor Yamaha Aeox 125 LC dengan Fitur Lebih Canggih, Unggulkan Peforma Handal dan Optimal

Sumber: