Ini Spesifikasi Toyota bZ4X yang Dipakai di KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Ini Spesifikasi Toyota bZ4X yang Dipakai di KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Tampilan Toyota bZ4X--Toyota Astra

RADAR TEGAL - Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Jakarta yakni kemunculan Toyota bZ4X. Kendaraan itu menjadi salah satu mode transportasi bagi para tamu dalam konferensi yang diikuti sejumlah negara di Asia Tenggara.

Hal itu tentu saja bukan tanpa alasan, Toyota bZ4X itu digadang-gadang merupakan mobil bebas emisi yang merupakan inovasi dari Jepang. Konsep mobil itu, juga konon mendukung isu geo politik dan ekonomi dalam konteks mobilitas dan lingkungan yang menjadi pembahasan konferensi.

Lalu, seperti apa spesifikasi kendaraan keluaran Toyota itu? Berikut ini ulasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber untuk anda.

Spesifikasi Toyota bZ4X

Jika melihat dari konsep modelnya, maka kendaraan ini termasuk jenis Sport Utility Vehicle atau SUV. Dengan mengusung sistem battery electric vehicle (BEV) siap menggebrak pasar otomotif di tanah air.

Pabrikan membekali Toyota bZ4X ini dengan motor AC synchronous electric generator. Mesin listrik itu akan mampu menghasilkan daya 150 kW serta torsi 266,3 Nm.

Mesin itu juga mampu berakselerasi hingga 0-100 km/jam dalam kurun waktu 8,3 detik. Baterai yang sudah tertanam di dalamnya yakni Lithium-ion 355 volt yang memiliki kapasitas hingga 71,4 kWh.

Baterai ini bisa anda isi dengan daya AC hingga 6,6 kW serta DC 150 kW. Jenisnya sendiri merupakan yang cukup modern yakni lithium ion.

Selain mesin yang memiliki ketangguhan tersebut dan dukungan baterai yang mumpuni, menjadikan Toyota bZ4X cukup tangguh di kelasnya. Belum lagi adanya teknologi Regenerative Braking dengan boost mode yang akan memberikan kontrol performa yang cukup responsif.

Desain Interior

Selain ketangguhan mesin dan baterai, kendaraan ini juga memiliki desain interior yang unik sekaligus mampu memberikan kenyamanan kepada penumpang. Dari mulai dashboard yang memberikan kesan premium dan modern.

Hal itu, karena adanya soft-touch fabrik yang melapisinya. Kemudian keberadaan Top-mount Multi-Information Display (MID) yang memiliki ukuran 7 inci.

Layar displai charge meter, speedometer, drive mode indicators, power output meter dan instrumen serta customizable setting. Bagian ini akan semakin menguatkan nuansa futuristiknya.

Baca Juga: Harga Toyota Fortuner Terbaru: Mulai dari 500 Jutaan hingga 731,85 Jutaan Rupiah

Berkendara dengan Toyota bZ4X, tentunya tidak akan membosankan, karena di dalamnya juga sudah adan audio multimedia yang canggih. Menggunakan teknologi Human Machine Interface serta dilengkapi dengan 6 unit speaker dan sangat kompatibel dengan ponsel pintar.

Bukan itu saja, untuk menambah kesan mewah, bagian interiornya juga sudah terdapat auxiliary dan USB-C power outlet, Qi-compatible wireless charger dan cup holder. Kenyamanan anda berkendara juga semakin terasa dengan adanya front lower storage tray di dalamnya.

Eksterior Toyota bZ4X

Beralih ke bagian eksterior, Toyota bZ4X memiliki bentuk trapezoid panjang 4,690 mm, tinggi 1.600 mm dan lebar 1.860. Meski memiliki sudut lancip yang cukup banyak, namun kombinasi lekukan mempercantik penampilan kendaraan ini.

Desain pada bagian lampu depan dan grille ini cukup unik, karena memiliki karakter siluet yang sangat tajam. Sehingga tampilannya cukup elegan dan futuristik.

Kendaraan ini juga pabrikan lengkapi dengan panoramic roof yang cantik yang akan memberikan kesan tersendiri selama berkendara. Juga adanya spoiler pada atap mobil dan bumper akan semakin menambah kesan aerodinamika.

Fitur Keselamatan Toyota bZ4X

Selain tampilan yang unik dan elegan serta mesin yang handal, kendaraan terbaru dari Toyota ini memiliki fitur keselamatan yang canggih. Dengan teknologi TSS dari Toyota, tentunya akan memaksimalkan penjagaan bagi pengemudi dan penumpang.

Mobil listrik terbaru dari Toyota ini juga memiliki sistem SRS Airbag pada bagian depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan. Ada juga Front Center Airbag (FCAB), Front Side (FS) dan Curtain Shield Airbag (CSA),

Selain itu, ada juga fitur-fitur keselamatan yang tertanam di dalamnya. Itu, antara lain sistem peringatan keamanan yang lengkap, VSC, blind spot, hill start, safe exit, Parking Support Brake, rear Cross Traffic Alert, camera detection dan Clearance Sonar.

Dengan segudang tekhnologi canggih dan keunggulan mesin serta desain yang cukup unik, harga yang pabrikan tawarkan memang terbilang cukup sepadan. Harganya saat ini mencapai Rp1,19 Miliar rupiah.

Itulah spesifikasi Toyota dZ4X yang menjadi salah satu dalam penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Jakarta. ***

Sumber: