Jembatan Sumurpanggang Selesai Direhab, Arus di Jalur Pantura Kota Tegal Kembali Dinormalkan

Jembatan Sumurpanggang Selesai Direhab, Arus di Jalur Pantura Kota Tegal Kembali Dinormalkan

Petugas mengangkat beton pemblokir jalan untuk membuka arus lalu lintas di jalur pantura Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Arus lalu lintas dari arah Jakarta-Semarang di jalur pantura Kota Tegal tepatnya di jembatan Sumurpanggang kembali dinormalkan, Rabu 6 September 2023. Itu, menyusul selesainya proyek rehabilitasi jembatan yang memakan waktu sekitar 3 bulan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Pelaksanaan Jalan Nasional Bina Marga Jawa Tengah, Wisnu Herlambang mengatakan proyek senilai Rp803 juta itu telah rampung dikerjakan. Karenanya, pihak dia melakukan over traffic atau pengembalian arus lalu lintas ke semula.

"Jadi selama pengerjaan kita lakukan contraflow, per hari ini kita kembalikan seperti sedia kala. Sekaligus untuk pemanfaatan jembatan yang sudah selesai dikerjakan,"katanya.

Menurut Wisnu, pengerjaan di jembatan yang berlokasi di jalur pantura Kota Tegal itu, meliputi sejumlah pekerjaan. Antara lain, perbaikan beton, prp dan penggantian alas jembatan.

"Untuk struktur jembatan sendiri masih cukup laik. Sehingga pengerjaan kami lakukan pada lantai jembatan dan sejumlah perbaikan lainnya,"ujar Wisnu.

Menurut Wisnu, berdasarkan data yang ada, sejak keberadaan jembatan itu di 1972, baru tahun ini ada pekerjaan perbaikan. Pengerjaan pihaknyaakukan sejak Mei 2023 lalu. 

Selain jembatan Sumurpanggang di jalur pantura Kota Tegal, kata Wisnu, ada pekerjaan jembatan lainnya. Yakni di Gempol dan Pakijangan Brebes serta Dampyak.

"Untuk jembatannya sudah semua, sementara untuk 3 pekerjaan di Gempol, Pakijangan dan Dampyak masuk dalam kontrak SBSN, saat ini masih berlangsung,"pungkasnya. ***

Sumber: