Lereng Gunung Sumbing Kebakaran, 1.056 Personel Gabungan Padamkan Api dan Evakuasi 88 Pendaki

Lereng Gunung Sumbing Kebakaran, 1.056 Personel Gabungan Padamkan Api dan Evakuasi 88 Pendaki

Personel Polda Jawa Tegah ikut dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang menyebabkan Gunung Sumbing kebakaran.--

RADAR TEGAL - 88 pendaki dievakuasi saat terjadi kebakaran di lereng Gunung Sumbing di Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu 2 September 2023. Mereka semua saat ini dalam keadaan selamat.

Ke-88 pendaki tersebut sebelumnya sudah terregistrasi di tiga base camp jalur pendakian menuju ke puncak Gunung Sumbing, saat terjadi kebakaran. Ketiganya adalah Base Camp Lamuk, Base Camp Bowongso, dan Base Camp Dusun Garung. 

Untuk memadamkan kebakaran di Gunung Sumbing, sedikitnya terdapat 1.056 personel gabungan TNI-Polri, relawan, dan instansi terkait. Personel gabungan itu melakukan pemadaman kebakaran hutan yang masuk dalam wilayah BKPH Kedu Utara, Wonosobo.

Tepatnya pada petak 29 RPH Klesman dengan posisis koordinat di -7.3936 LS dan 110.06358 BT. Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan pemadaman kebakaran di lereng Gunung Sumbing dilakukan sejak sebelum Subuh hingga siang hari. 

Personel gabungan, terangnya, memadamkan api dengan menggunakan berbagai alat pemadam termasuk alat pemadaman api ringan (APAR). Selain itu, mereka juga melakukan pemotongan semak dan ranting untuk mencegah meluasnya kobaran api.

"Selain itu petugas juga mengevakuasi 88 pendaki, yang sebelumnya sudah terregistrasi di tiga base camp. Mereka semua dalam keadaan selamat," kata Kabidhumas di Semarang, Sabtu 2 September 2023.

Pastikan kebakaran Gunung Sumbing tak meluas

Untuk memastikan kebakaran tak meluas, Kabidhumas menegaskan, Polda Jateng akan menyiagakan personel termasuk personel Brimob dan reserse. "Satu tim Resmob dan satu tim dari Ditreskrimum sudah meluncur ke Wonosobo untuk mengantisipasi tindak pidana yang terjadi." 

"Sedangkan personel Polresta Magelang, melakukan patroli penyisiran untuk memastikan kebakaran tidak meluas ke arah Magelang," imbuh Kabidhumas lagi.

Dituturkannya, Polda Jateng juga akan mendatangkan helikopter dari Baharkam untuk mendukung patroli di sekitar lokasi kebakaran hutan lereng Gunung Sumbing.

"Untuk memantau bila masih ada titik-titik api sekaligus dapat digunakan untuk mengangkut personel bila dibutuhkan," beber dia.

"Untuk pemantauan perkembangan situasi telah kita koordinasikan juga dengan BPBD dan BNPB Jateng. Semoga situasi betul-betul segera terkendali," pungkasnya.

Demikian informasi tentang kebakaran lereng Gunung Sumbing, Jumat 1 September 2023. (*)

Sumber: