Mitos Daun Sirih Dapat Mengeringkan Rahim, Begini Penjelasan dr. Boyke

Mitos Daun Sirih Dapat Mengeringkan Rahim, Begini Penjelasan dr. Boyke

Mitos daun sirih--

RADAR TEGAL – Beragam manfaat tanaman obat seringkali menjadi topik perbincangan di kalangan orang awam, salah satu tanaman obat tersebut yakni daun sirih. Berikut mitos daun sirih.

Tahukah Anda bahwa beberapa orang beranggapan daun sirih mempunyai kemampuan untuk mengeringkan rahim. Melansir dari cianjur.suara.com, berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Intip Mitos Daun Kelor, Benarkan Bisa Mengalahkan Makhluk Halus?

Namun, pendapat tersebut ternyata tidak benar, dr.Boyke selaku seorang ahli seksologi dalam saluran YouTubenya menyatakan bahwa kalim mengenai daun sirih yang dapat mengeringkan rahim hanyalah mitos semata.

Diketahui, daun sirih sebenarnya mempunyai beragam mancam manfaat seperti dapat digunakan sebagai pertolongan pertama ketika terjadi mimsan atau sebagai obat panas dalam.

Tidak hanya itu, air rebusan daun sirih pun mempunyai manfaat yakni sebagai pembersih vagina.

Bagi para wanita yang ingin menjaga kebersihan vagina, Anda bisa membuat air rebusan daun sirih dengan takaran 7 lembar daun.

Namun, dr. Boyke pada cannel youtubenya juga mengingatkan supaya penggunaan air rebusan daun sirih ini tidak berlebihan.

"Untuk para wanita yang ingin keset, bisa membuat air daun sirih dengan takaran 7 lembar," ungkapnya.

"Namun perlu diingat juga bahwa dosisnya harus ditakar, karena vagina tetap membutuhkan kuman-kuman baik. Jangan sampai kuman-kuman baik itu mati dan tidak bisa memakan kuman-kuman jahat," lanjutnya.

Hal tersebut menekankan bahwa dosis penggunaan daun sirih ini harus diatur dengan baik, sebab vegina tetap membutuhkan kuman-kuman baik yang berfungsi dalam menjaga keseimbangan mikrobiota vagina.

Apabila penggunaan air daun sirih ini terlalu sering dan berlebihan, ditakutkan kuman-kuman baik tersebut bisa terganggu dan mneyebabkan ketidakseimbangan mikrobiota yang berakibat pada masalah kesehatan vagina.

BACA JUGA: Mitos Khasiat Daun Bidara Bisa Bisa Tangkal Sihir dan Gangguan Jin, Begini Bukti dan Faktanya dalam Alquran

Dengan begitu, dr. Boyke menegaskan bahwa daun sirih tidak mempunyai kemampuan untuk mengeringkan rahim dan mitos tersebut perlu dihilangkan.

Sebagai gantinya, dr. Boyke menyarankan dapat mengenali dan memanfaatkan manfaat nyata dari daun sirih, seperti obat penolong dan pembersih vagina yang aman jika digunakan dengan bijaksana dan sesuai takaran yang tepat.

Penting bagi setiap orang untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai manfaat tanaman obat, sehingga dapat memanfaatkannya dengan benar dan tidak terjebak dalam mitos yang tidak berdasar.

Demikian ulasan mengenai mitos daun sirih. Semoga bermanfaat.***

Sumber: