Potongan Cicilan KUR BRI Tahun Terakhir, Uang Diterima Tidak akan 100%, Gratis Biaya Admin dan Provisi

Potongan  Cicilan KUR BRI Tahun Terakhir, Uang Diterima Tidak akan 100%, Gratis Biaya Admin  dan Provisi

Potongan bunga KUR 0%-depositphotos.com-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Potongan cicilan KUR BRI tahun terakhir adalah peraturan ketika nasabah sukses sebagai penerima KUR BRI. Terkadang hal itu memberatkan sebagian para pelaku usaha yang ingin mengajukan Kredit Usaha Rakyat.

Kekhawatiran terjadi takut jumlah potongan cicilan KUR BRI tahun terakhir jumlahnya besar memicu keraguan saat mengajukan KUR di BRI. Perlu diketahui, bahwa potongan pencairan penyedia pinjaman lainnya KUR BRI termasuk paling rendah dan pasti menguntungkan bagi debitur.

Potongan Cicilan KUR  Tahun Terakhir Berlaku Semua Bank

Terasa berat sepertinya kalau KUR  alias Kredit Usaha Rakyat ada pemotongan  kemudian juga uang yang  diterima tidak 100%.  Atau dengan kata lain saat pencairan KUR uang tidak  utuh lagi karena ada pemotongan dari pihak bank.

Namun,  perlu dipahami dan diketahui bahwa peraturan adanya pemotongan dan dana yang dterima  tidak  100% utuh.  Peraturan seperti ini tidak  hanya berlaku hanya bank BRI saja  melainkan pula semua bank.

Dalam hal terkait potongan bunga  pencairan KUR  untuk seluruh bank baik  bank swasta ataupun bank  pemerintah. Seperti KUR BNI,  KUR BCA, KUR Mandiri dan lainnya tanpa kecuali, karena memang sudah menjadi  aturan wajib bagi perbankan.

Potongan Bunga Pencairan KUR  BRI

Berbicara  masalah potongan bunga saat pencairan KUR BRI berlaku ketika maksimal mencapai Rp500 juta  dengan tenor panjang. Rp 500 juta angka tidak  kecil maka perlu ada potongan bunga yang sifatnya  memberikan keuntungan bagi pengusaha UMKM dengan penjelasan sebagai berikut;

  1. Potongan Bunga KUR Mikro BRI

Potongan bunga saat pencairan KUR BRI setidaknya ada 3 jenis salah  satunya potongan bunga KUR Mikro BRI yang jumlah potongan 0% dengan keuntungan terbebas biaya provisi dan admin,

Namun, meski 0% debitur tetap dikenakan suku bunga 6 % berlku efektif pertahun dengan limit maksinmal Rp 50 juta sampai Rp 500 juta. Masalah tenor   waktu 3-5 tahun memiliki angsuran atau cicilan ringan yang umumnya pengusaha menengah ke bawah lantaran jumlah dana tidak terlalu besar.

 2.Potongan Bunga KUR Kecil BRI

Potongan kedua pada jenis KUR Kecil BRI jumlahnya 0% dengan syarat memberikan agunan sesuai aturan berlaku . Limit pinjaman Rp 50 juta sampai Rp 500 juta sedangkan suku bunga 6% selama per tahun kemudian dari tidak ada potongan.

 

Alasannya  karena diganti agunan atau jaminan  dan itulah mengapa sudah tidak ada lagi potongan.Tentu hal tersebut menguntungkan nasabah lantaran cicilan ringan dan tenor panjang.

3.Potongan Bunga KUR TKI

Masih ada satu lagi yakni potongan bunga  KUR TKI yang juga ada potongan 0%, tetapi tetap terdapat  potongan bunga 6% pertahun dengan cicilan atau  angsuran ringan.  KUR TKI ini membantu modal  awal saa pemberangkatan tenaga  kerja ke luarnegeri tenor waktu 3 tahun.

Potongan 0% Alias Gratis Bagi Pengusaha  UMKM

Kerap kali nasabah merasa khawatir atas potongan pencairan KUR BRI, tetapi perlu dipahami bahwa masalah potongan jumlahnya  sedikit dan minim.Bahkan hanya 0% saja alias gratis kemudian berbeda sama bank lainnya yang pasti jumlahnya kecil dibanding bank sejenis.

BACA JUGA:Pinjol Bunga Rendah OJK Melalui Aplikasi Julo, Bunga Mulai 0,1% Per Hari

Potongan 0% dalam hal ini memang disengaja diatur sedemikian  rupa bertujuan tetap menguntungkan bagi pengusaha UMKM. Ketika pencairan KUR memang  ada satu kali potongan dan saldo  ditahan bertujuan mengantisipasi bila suatu hari  nanti.

Dibulan tertentu di kemudian hari  tidak bisa menjalankan kewajiban pembayaran kredit atau cicilan dengan alasan tertentu. Kondisi  ini pula yang mendorong pihak menerapkan kebijakan tersebut  tetapi jika mampu membayar kredit  hingga lunas  pembayaran terakhir tidak perlu  dilakukan karena  1kali cicilan sudah mengendap dalam  saldo direkenig BRI.*

 

 

 

Sumber: