Pemkab Brebes Siap Tingkatkan Keaktifan Peserta JKN untuk Raih UHC Non Cut Off

Pemkab Brebes Siap Tingkatkan Keaktifan Peserta JKN untuk Raih UHC Non Cut Off

Sekda Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan (kanan) siap untuk meningkatkan keaktifan peserta JKN di wilayahnya.-foto; zuhlifar arrisandy/radartegal.com-

Di antaranya dengan melibatkan mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL di wilayah Brebes, untuk menjadi perpanjangan tangan pemerintah. Yakni dengan mengunjungi desa-desa dan melakukan verifikasi langsung warga masyarakat untuk meningkatkan keaktifan peserta JKN.

BACA JUGA:Punya BPJS, Warga Miskin di Brebes Diminta Pakai SKTM saat Berobat, Ini Penjelasan Dinkes

Harapannya hasil pendataaan gambaran mengenai penduduknya akan lebih valid. Sehingga pengalihan warga untuk menjadi tanggungan pemda adalah orang-orang yang memang layak untuk menerima bantuan.

BPJS Kesehatan juga terus berbenah dengan mengupayakan peningkatan layanan administrasi, salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi Mobile JKN. Dalam aplikasi tersebut telah tersedia beragam fitur.

Mulai dari informasi peserta, pembayaran iuran, perubahan data peserta, dan pendaftaran pelayanan (antrean online). Selain itu juga riwayat pelayanan, ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, kartu digital, dan lain-lainnya.

Harapannya kemudahan, kecepatan, dan kesetaraan dalam layanan kesehatan dapat semua peserta JKN rasakan. Demikian informasi tentang upaya Pemkab Brebes untuk meningkatkan keaktifan peserta JKN, agar predikatnya meningkat menjadi UHC Non Cut Off. (*)

Sumber: