Tahapan Pencairan KUR BRI, Bawa 4 Dokumen Ini Termasuk Fotokopi Sertifikat Jaminan sebagai Bukti

Tahapan Pencairan KUR BRI, Bawa  4 Dokumen Ini Termasuk Fotokopi Sertifikat Jaminan sebagai Bukti

Pecahan Uang Rupiah-depositphotos.com-

RADARTEGAL.DISWAY.ID- KUR BRI salah satu perbankan milik pemerintah yang aktif memberi bantuan intensif kepada   pelaku UMKM. Ketika KUR disetujui ada tahapan pencairan KUR BRI perlu dipahami karena sudah menjadi peraturan maupun mekanisme yang  berlaku

 

Persyaratan Pengajuan KUR BRI

 

Sebelum mencapai tahapan pencairan KUR BRI penting memahami dan mengetahui apa saja persyaratan pengajuan KUR BRI. KUR selama ini begitu membantu  mengembangkan usaha bisnis dengan pinjaman bunga rendah.

 

Kemudian keunggulan KUR BRI lain jangka waktu fleksibel sesuai  kemampuan. Sebelum mengajukan KUR BRI, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar pinjaman tersebut dapat dicairkan  meliputi:

 

Milliki NPWP

  1. Salah  satu persyaratan pengajuan KUR BRI yang  harus dipenuhi adalah NPWP  atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang  masih berlaku. NPWP dalam hal ini diwajibkan bagi  pelaku UMKM menunjukkan  bahwa  usaha bisnis sudah terdaftar dan membayar pajak
  1. Miliki Proposal  Usaha

Hal  menarik dalam pengajuan KUR  BRI para  nasabah wajib mempunyai proposal usaha. Proposal usaha tersebut  berisi gambaran detail mengenai modal usaha, hingga estimasi laba yang diharapkan.

 

Pastikan proposal usaha  telah  dibuat sedemikian rupa dan terencana,  karena bisa dijadikan bukti  bahwa bisnis sedang rintis juga  memiliki potensi cukup besar  kemudian layak mendapatkan pinjaman.

  1. Tunjukkan Kemampuan Membayar Cicilan

Bukan hanya proposal  usaha saja yang bisa menjadi bukti  bisnis usaha  yang dimiliki layak diberi pinjaman KUR. Namun, tunjukkan kemampuan membayar kredit dapat terlihat dari riwayat kredit apakah pernah ada masalah galbay atau gagal bayar atau tidak

  1. Jaminan Cukup

Tidak  ketinggalan dalam mengajukan KUR BRI memiliiki jaminan cukup  seperti  sertifikat tanah, sertifikat rumah atau BPKB kendaraan.  Mengapa   wajib memiliki jaminan cukup dalam  hal ini karena tidak cukup  kemungkinan ditolak.

  1. Miliki Usaha  Bisnis Minimal 1 Tahun

Poin yang satu ini juga wajib menjadi perhatian adalah usia bisnis usaha  setidaknya  1 tahun.  BRI nanti  akan memeriksa bisnis usaha yang sedang dirintis apakah   layak mendapat bantuan pinjaman. Jika terbukti kurang       dari 1 tahun dan tidak ada aktivitas kemungkinan    pengajuan ditolak KUR  tidak cair.     

        6.Rekening BRI

Sebagai nasabah BRI juga wajib memiliki  rekening BRI nanti ketika KUR cair transfer memperoleh  pinjaman atau dana itu  ke rekening BRI. Persyaratan wajib terpenuhi  kemungkinan  jika telah lengkap memenuhi ketentuan.

Dana cair dengan bunga rendah jangka waktu fleksibel yang memperluas usaha dan meningkatan  produksi.Meski demikian sebelum pengajuan KUR pastikan potensi usaha  bisnis cukup  besar dan mampu membayar cicilan pinjaman secara teratur.

Berapa Lama Dana KUR BRI Cair

Setelah survey selesai biasanya  dana KUR akan cair dalam  kurun waktu  antara satu sampai dua minggu  kemudian. Cepat atau lambat proses pencairan tidak dapat diprediksi, karena tergantung debitur apakah memenuhi persyaratan

Persyaratan yang Wajib Dibawa Saat Pencairan KUR  BRI

Lama pencairan dana KUR  BRI kurang lebih 1-2 minggu, jika persyaratan terpenuhi dana segera cair. Biasanya  dari pihak bank memberi kabar kepada  nasabah ahwa pengajuan telah disetujui.

 Lalu, persyaratan apa saja yang wajib dibawa ketika pencairan KUR karena sebagai barang bukti pencairan nanti.  Namun, pastikan seluruh berkas dokumen yang akan diibawa lengkap  dan tidak ada tertinggal sebagai berkut

Fotokopy KTP dan NPWP

Salah satu hal  penting ketika mencairkan KUR BRI adalah membawa fotocopy KTP dan NPWP yang masih berlaku.   Kedua dokumen tersebut sebagai syarat utama yang nantinya untuk memastikan identitas sebagai nasabah atau  peminjam  resmi  maupun asli.

Fotocopy Sertifikat Jaminan

Bukan hanya membawa fotocopy KTP dan NPWP   saja melainkan pula menyertakan fotocopy sertifikat jaminan. Sertifikat jaminan dalam    hal ini sertifikat tanah,sertifikat rumah atau gedung nanti dijadikan bukti   jaminan.

Fotocopy Buku  Rekening Bank

Tidak  boleh ketinggalan menyisipkan fotocopy buku rekening bank BRI nanti sebagai  bukti dan mencairkan dana kur ke  rekening  sesudah proses pencairan selesai. Itulah tahapan pencairan KUR BRI yang wajib diketahui dengan menyertakan sejumlah dokumen penting.

Tahapan pencairan KUR BRI  membutuhkan beberapa proses dan durasi waktu 3-14 hari kerja setelah nasabah disurvey oleh pihak bank. Cepat atau  lambat pencairan  dana  tergantung kelengkapan berkas dokumen, karena semakin komplit   dokumen makin KUR BRI cepat cair.*

 

Sumber: