Berkah Jalan Sehat, Ratusan Pemilik UMKM Ngaku Omsetnya Naik Berkali-kali Lipat

Berkah Jalan Sehat, Ratusan Pemilik UMKM Ngaku Omsetnya Naik Berkali-kali Lipat

Ribuan warga Brebes saat ikut jalan sehat bersama Mba Mitha di Islamic Center Brebes, Minggu 27 Agustus 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Ratusan UMKM di Kabupaten Brebes ketiban rejeki nomplok saat event Jalan Sehat Bareng Mbak Mitha, Minggu, 27 Agustus 2023 di Islamic Center. Bahkan, kenaikannya mencapai berkali-kali lipat dibanding hari bisa.

Ratusan pedagang UMKM tersebut merupakan yang bisa berjualan di Pasar Saporete Islamic Center setiap Minggu. Bahkan, mereka sempat kewalahan melayani pembeli.

Ketua Forum Kopi Brebes, Fitriadi Prakoso yang menjadi koordinator UMKM mengatakan, tadi pagi ada kurang lebih 150 an pedagang yang berjualan di Komplek Islamic Center. Mereka adalah UMKM yang biasa berjualan setiap hari Munggu saat momen Pasar Saporete, ditambah puluhan pedagang yang sengaja ikut gabung saat even Jalan Sehat Bareng Mbak Mitha. Kali ini mereka mengaku meraup omset yang meningkat drastis. 

"Kalau hari Minggu seperi baisa, omsetnya biasa-biasa saja, tapi saat ada even Jalan Sehat Bareng Mbak Mitha ini mereka mengaku mendapatkan omset yang meningkat drastis. Tadi saya tanya ke salah satu pelaku UMKM, yang jual es teh manis, hari ini dapat omset sampai Rp900 ribu," ungkapnya.

Mayoritas yang dijual oleh mereka, kata dia, merupakan kuliner. Mulai dari makanan, jajanan basah, jajanan kering, minuman, kopi, es teh, dan lainnya. Menurut dia, even Jalan Sehat Bareng Mbak Mitha sangat berdampak langsung pada peningkatan omset para pelaku UMKM. 

"Mereka pedanga UMKM mengaku mendapatkan dampak yang sangat positif dari kegiatan jalan sehat ini," jelasnya. 

Belasan ribu warga di Kota Brebes memeriahkan Jalan Sehat Bareng Mbak Mitha, Minggu pagi 27 Agustus 2023. Mereka tumpah ruah memadati kegiatan yang mengambil start di Komplek Islamic Center Brebes. Jalan sehat yang diselenggarakan Anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma itu, dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT RI ke-78.

Anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma mengatakan, kegiata tersebut diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke-78. Selain itu, untuk mengajak masyarakat Brebes menjaga kesehatan, dengan berjalan sehat.

"Selain memperingati HUT RI ke-78, kegiatan ini juga sekaligus mengajak warga untuk menjalankan hidup sehat dengan berolahraga misalnya,"pungkasnya.***

Sumber: