300 Personel Gabungan Disiagakan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Tegal

300 Personel Gabungan Disiagakan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Tegal

Pemeriksaan perlengkapan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan--

RADAR TEGAL - Ratusan personel gabungan disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kota Tegal. Hal itu, terungkap saat berlangsungnya apel gelar pasukan di Mapolres Tegal Kota, Jumat 25 Agustus 2023 pagi.

Dalam amanatnya yang dibacakan Kabag Ren, Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi mengatakan tujuan apel itu, sebagai bentuk kesiapsiagaan personel. Dari TNI-Polri, Pemerintah Kota Tegal beserta Instansi terkait. 

"Kegiatan ini bentuk kesiapsiagaan kita dalam mengantisipasi dan menanggulangi apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan. Serta untuk membangun komunikasi yang baik antar Instansi yang tergabung dalam Satgas Karhutla,"ujarnya.

Selain itu, kata Kapolres, apel itu juga merupakan bentuk pengecekan kesiapan sarana dan prasarana. Sehingga apabila ada kejadian kebakaran dapat mengatasi secara bersama-sama. 

"Serta dapat dengan cepat dan tepat dalam proses pemadamannya,"kata Kapolres.

Menurut Kapolres, kebakaran hutan dan lahan, tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan para relawan semata. Namun, juga menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

"Karenanya, kita semua harus memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab bersama, untuk bergerak menghentikan dan memadamkan secara bersama-sama. Sehingga sekecil apapun api yang membakar hutan atau lahan dapat kita kendalikan,"tegasnya. 

Kepada peserta apel, Kapolres menekankan agar mempersiapkan mental dan fisik yang prima. Dengan dilandasi moral dan disiplin kerja yang tinggi serta niatkan sebagai ibadah. 

"Sehingga apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, Satgas Karhutla siap menanganinya secara bersama-sama,"tandasnya.

Sebab, imbuh Kapolres, itu merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Karenanya, hindari timbulnya ego sektoral dalam pelaksanaan tugas, sehingga mampu mengatasi setiap kendala yang ada di lapangan.

Sementara Kabag Ops Polres Tegal Kota Kompol Tuhirman menambahkan di wilayah Kota Tegal tidak ada hutan, yang ada kebakaran kapal. Karenanya, pihaknya menyiagakan personel gabungan untuk bersiap siaga menanggulangi kebakaran.

"Jumlah personel yang kami siagakan sekitar 300 orang,"pungkasnya. ***

Sumber: