Misteri Leuweung Sancang di Kabupaten Garut, Hutang Paling Angker di Tanah Jawa

Misteri Leuweung Sancang di Kabupaten Garut, Hutang Paling Angker di Tanah Jawa

Ilustrasi: Misteri Leuweung Sancang di Kabupaten Garut-pxfuel.com-

RADAR TEGAL - Leuweung Sancang, sebuah nama yang sering kali membuat bulu kuduk berdiri. Hutan ini dikenal sebagai tempat paling angker di tanah Jawa, terutama di Jawa Barat. 

Berlokasi di ujung Kabupaten Garut, hutan ini dipercaya menjadi tempat mokso Prabu Siliwangi, raja Kerajaan Sunda yang konon menghilang bersama Pasukan Maung (harimau) di dalam hutan ini.

Berikut radartegal.disway.id merangkum misteri Leuweung Sanca, bagi kalian yang baru tahu bisa simak artikel di bawah ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

Cerita Legenda Prabu Siliwangi

Menurut cerita rakyat, Raden Kian Santang, yang telah memeluk agama Islam, berusaha mengajak ayahnya, Prabu Siliwangi, untuk mengikuti langkahnya. 

Namun, ajakan tersebut ditolak. Akibatnya, Prabu Siliwangi bersama prajuritnya melarikan diri ke hutan paling selatan di Pulau Jawa, yaitu Leuweung Sancang. 

Di sana, mereka menjelma menjadi maung bodas (macan putih), yang katanya hanya akan muncul jika dipanggil oleh orang-orang berilmu tinggi.

BACA JUGA:Arti Mimpi Ular Besar dan Panjang dari Berbagai Pandangan, Tanda Kekuasaan dan Keberuntungan?

Keangkeran Hutan Sancang

Ada satu wilayah di dalam hutan ini yang dijaga ketat dan tidak sembarang orang bisa masuk. Banyak yang mengatakan bahwa orang-orang yang mencoba masuk ke wilayah ini tidak selamat. 

Legenda lain mengatakan bahwa jika melihat ayam jago di hutan ini, segeralah pulang, karena sesuatu yang tidak baik akan menimpa.

Misteri Laut Sancang

Leuweung Sancang juga memiliki misteri di lautnya. Sebagian wilayah laut Sancang dianggap sebagai kuburan kapal-kapal besar yang hampir berdekatan. 

Kapal-kapal ini dikatakan kehilangan arah dan akhirnya kandas di Pantai Sancang, menambah misteri yang melingkupi hutan ini.

Sumber: