Owalah Ini Toh Alasan Sungai Serayu Begitu Istimewa di Jawa Tengah Sampai Disebut Sebagai Pembawa Keberkahan

Owalah Ini Toh  Alasan Sungai Serayu Begitu Istimewa di Jawa Tengah Sampai Disebut Sebagai Pembawa Keberkahan

Alasan Sungai Serayu Begitu Istimewa di Jawa Tengah--Pictures By: SuperLive.id

RADAR TEGAL - Owalah ini toh alasan dibalik kenapa Sungai Serayu begitu istimewa di provinsi Jawa Tengah sampai disebut sebagai pembawa keberkahan bagi masyarakatnya.

Sungai Serayu merupakan sungai yang amat di istimewakan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat provinsi Jawa Tengah karena banyak memiliki manfaat didalamnya.

Faktanya hingga sekarang kehidupan warga sekitar Sungai Serayu, banyak yang bergantung pada aliran sungainya yang deras.

Sungai yang memiliki luas mencapai 4.000 kilometer persegi ini ternyata memiliki fungsi dan peran yang sangat penting di kehidupan masyarakat sekitarnya.

Namun apa sih yang menyebabkan Sungai Serayu yang begitu istimewa di provinsi Jawa Tengah tersebut? Dilansir dari Superlive.id, terdapat 4 alasan yang menjawab pertanyaan tersebut.

Alasan Sungai Seratu Begitu Istimewa di Jawa Tengah

Beikut merupakan alasan yang akan menjawab pertanyaan diatas. Simak di halaman berikutnya.

BACA JUGA:Mitos Sungai Serayu dan Kagetnya Sunan Kalijaga Saat Melihat Kepala Wanita Cantik di Tengah Sungai

1. Mata Air Khas Sungai Serayu

Sungai ini adalah sungai terbesar di Jawa Tengah. Sungai ini juga bersumber dari Dataran Tinggi Dieng dan bermuara di Samudra Hindia. Panjang sungai ini sekitar 181 kilometer dan mengalir melalui lima kabupaten, yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap.

 

Adapun sungai ini memiliki beberapa anak sungai, yaitu Sungai Blorong, Sungai Bogowonto, Sungai Luk Ulo, dan Sungai Serayu Barat.

Sungai ini digunakan untuk mengairi lahan pertanian, ternak, dan rumah tangga. Sungai Serayu juga merupakan objek wisata yang menarik. Wisatawan dapat menikmati keindahan sungai, berenang, atau memancing di sungai.

2. Dianggap Sebagai Pembawa Berkah

Sumber: