Beredar Desain Tol Jawa-Bali Akan Tembus Lautan, Mitosnya Pulau Dewata Bisa Hancur Jika Benar Tersambung

Beredar Desain Tol Jawa-Bali Akan Tembus Lautan, Mitosnya Pulau Dewata Bisa Hancur Jika Benar Tersambung

Unggahan desain terowongan kaca Tol Jawa Bali yang menembus Selat Bali yang viral akhir-akhir ini.-foto: akun tiktok @adi_harsono-

Padahal jika ada jembatan penghubung Jawa-Bali, akan memudahkan konektivitas kedua pulau. Sehingga jalur ekonomi maupun pergerakan wisatawan bisa lebih dinamis.

Gubernur Bali Wayan Koster: saya tolak!

Terkait viralnya unggahan video tol bawah laut Jawa Bali itu, Gubernur Bali Wayan Koster pun sudah buka suara. Mengutip detikbali Koster mengaku belum mengetahui rencana pembangunan tol bawah Laut Jawa-Bali tersebut.

Tetapi, dia menegaskan menolak jika jembatan penghubung Jawa-Bali itu benar-benar akan dibangun. "Saya belum tahu. Tapi kalau jembatan Jawa-Bali, saya tolak!" tegas Koster di kantor DPRD Bali, Senin 17 Juli 2023 lalu.

Koster tak menampik dirinya sudah sempat mengecek video tol bawah laut Jawa Bali itu. Menurut Koster, video tersebut dibuat oleh kementerian, namun dia tak menjelaskan kementerian apa yang dimaksudnya tersebut.

BACA JUGA:Mitos Jawa-Bali Tak Boleh Terhubung Jembatan Terjawab, Padahal Jawa dan Madura Bisa

Gagasan lama

Pulau Dewata sebutan Bali sendiri merupakan destinasi tujuan wisata utama di Tanah Air, yang mempunyai daya tarik dan keindahan tersendiri. Sehingga jika terdapat jembatan penghubung Jawa-Bali akan kian memudahkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat ini wisatawan yang berangkat dari Pulau Jawa, harus memilih dengan dua moda transportasi. Yakni menggunakan layanan maskapai penerbangan, atau perjalanan darat dan laut menggunakan berbagai angkutan.

Dari sejumlah sumber ternyata banyak alasan mengapa jembatan ataiu Tol Jawa Bali tidak akan pernah dibangun. Padahal gagasan itu sudah muncul sejak tahun 1960-an, namun ditolak. 

Beberapa alasan peniolakan tersebut, utamanya berkaitan dengan mitologi Dahyang Sidhimantra. Yakni yang sengaja memutus Pulau Bali dengan Jawa. Mitosnya ini untuk menyaring hal-hal negatif.

Utamanya yang datang dari luar Pulau Bali, supaya menjadi lebih mudah diawasi. Karena itu hingga kini, wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Dewata hanya bisa mengakses dua moda transportasi.

BACA JUGA:Bermula dari Kisah Anak yang Gila Judi, Begini Legenda dan Mitos Selat Bali yang Sering Menelan Korban

Yakni menggunakan pesawat ataupun memanfaatkan layanan penyeberangan dengan kapal ferry. Demikian informasi tentang viralnya kembali video Tol bawah Laut Jawa Bali di TikTok(*)

Sumber: