Sering Picu Genangan, DPU Perbaiki 2 Titik Drainase di Brebes

Sering Picu Genangan, DPU Perbaiki 2 Titik Drainase di Brebes

DPU Brebes perbaiki dua titik drainase yang ada di Kecamatan Losari dan Brebes yang sering memicu genangan air saat hujan deras.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat melakukan perbaikan di dua titik drainase. Dua drainase yang terletak di Kecamatan Losari dan Brebes itu sering memicu terjadinya genangan air saat hujan turun.

Kepala DPU Brebes Sutaryono melalui Kabid Cipta Karya Mohamad Idrus mengatakan, saat ini ada dua titik drainase yang sedang dalam tahap perbaikan. Yang pertama, penataan drainase di Kauman, Kelurahan Brebes, Kecamatan Brebes.

"Dalam penataan saluran drainase Kauman ini total anggaran sebesar Rp421.502.399," ujarnya, Rabu, 16 Agustus 2023.

Idrus menjelasian, dalam perbaikan drainase itu pihaknya akan membuat Ground Water Tank. Nantinya, ground water tank tersebut untuk menampung air hujan yang dialirkan melalui pompa menuju Kalimati yang difunfsikan sebagai folder banjir. 

"Harapannya akan mengurangi genangan di daerah Kauman dan sekitarnya yang sering tergenang jika hujan deras turun," jelasnya.

Perbaikan drainase kedua yakni penataan Drainase IKK di Desa Losari Lor, Kecamatan Losari. Untuk pengerjaan di titik itu menelan anggaran Rp433.505.000.

"Untuk outputnya yakni rehabilitasi saluran drainase dan penataan trotoar di jalan Losari Lor - Prapag Kidul," ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya penataan tersebut, fungsi drainase yang mampet akibat dari adanya bangunan yang menutup saluran bisa kembali normal. Dan hal itu, yang disinyalir merupakan penyebab terjadinya genangan di ruas jalan tersebut.

"Kemungkinan sering terjadinya genangan air di loksi itu karena fungsi drainase tidak maksimal. Karena, memang banyak bangunan yang menutup drainase di lokasi itu," ucapnya.

"Untuk itu, kami harap dengan penataan ini bisa mengembalikan fungsi trotar dan saluran drainase bisa kembali optimal," pungkasnya.***

Sumber: