78 Ribu Bibit Pohon Ditanam Serentak oleh TNI, Kodim 0713 Brebes Libatkan Mahasiswa

78 Ribu Bibit Pohon Ditanam Serentak oleh TNI, Kodim 0713 Brebes Libatkan Mahasiswa

MENANAM - Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki menanam bibit pohon di Desa Ransusanga Kulon. -Istimewa-

RADAR TEGAL - Sebanyak 78 ribu bibit pohon ditanam serentak oleh TNI masing-masing satuan di jajaran Kodam IV Diponegoro, Senin 14 Agustus 2023. Kodim 0713 Brebes juga ikut melakukan penanaman 200 bibit pohon. 

Penanaman bibit pohon tersebut dipusatkan di Lapangan Dusun Sigempol Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Jenis pohon yang ditanam yaitu buah-buahan seperti durian, jambu, alpukat, dan pete serta pohon produksi seperti mahoni dan sengon. 

Dalam kegiatan penanaman itu, pihaknya melibatkan segenap ormas Desa Randusanga Kulon, mahasiswa KKN Undip Semarang, dan warga masyarakat sekitar. Selepas penanaman pohon, dilakukan pembersihan sampah di Pantai Randusanga Indah (Parin).

BACA JUGA:500 Paket Sembako Dibagikan Komandan Brigif-4/Dewa Ratna ke Janda TNI dan Veteran

Kades Randusanga Kulon Afan Setiono mewakili warganya menyatakan terima kasih atas kepedulian TNI di wilayahnya. Sebab, penanaman bibit pohon ini untuk menekan abrasi dan banjir rob yang selama ini terjadi di desanya. 

Dia menyebut, Desa Randusanga Kulon sudah lama menjadi langganan banjir rob dan minim penanganan dari pemerintah. 

"Kita sudah bertahun-tahun langganan banjir rob dan banyak tambak dan rumah warga yang rusak," tandasnya. 

Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki menyampaikan, penghijauan bakti TNI ini dilakukan secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam IV Diponegoro dalam memperingati HUT RI ke-78.

"Total ada 78 ribu bibit pohon yang ditanam pagi ini secara serentak oleh masing-masing satuan TNI di jajaran Kodam IV Diponegoro," katanya.

BACA JUGA:Tidak Layak Huni, Kodim 0710 Pekalongan Rehab Rumah Janda Veteran di Wonokerto

Sebelumnya pada tanggal 15 Maret 2023 lalu, pihaknya bersama-sama telah menanam 5 ribu bibit mangrove di pesisir Pantai Randusanga Indah. Tujuannya untuk rehabilitasi hutan mangrove yang sangat berguna sebagai tanggul alami penahan rob dan abrasi serta menjaga habitat berbagai satwa.

Menurutnya, hal yang terpenting adalah memelihara apa yang telah ditanam sehingga generasi selanjutnya bisa menikmati keanekaragaman yang ada pada saat ini. Begitu juga masyarakat umum bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. ***

Sumber: