Kriteria dan Kategori Penerima Manfaat Bansos BLT PKH 2023, Berikut Nominal Masing- Masing Kategori

 Kriteria dan Kategori Penerima Manfaat  Bansos BLT PKH  2023, Berikut Nominal Masing- Masing Kategori

Penampakan foto yang menunjukkan layak atau tidak bantuan sosial-Instagram@kemensosri-

 RADARTEGAL.DISWAY.ID-Setiap  tahun anggaran  bansos mengalami kenaikan memasuki tahun  2023 jumlah dana cukup besar Rp 470 triliun. Bansos BLT PKH  2023 perode Juli – Agustus mulai bergulir segera cek di aplikasi cek bansos   siapa tahu terdaftar memperoleh bantuan.

Sampai saat ini pemerintah terus melakukan berbagai upaya membantu masyarakat seluruh Indonesia yang mengalami kesulitan ekonomi. Kemuudian bertujuan meningkatkat kesejahteraan  maupun daya beli masyarakat ekonomi lemah. Penting diketahui penerima manfaat harus memenuhi senua  persyaratan dan ketentuan, karena tidak sesuai dengan syarat sudah pasti ditolak

Syarat dan Ketentuan Penerima Bansos BLT PKH

Penerima manfaat  bansos BLT PKH 2023 bisa mendapat bantuan dari pemerintah wajib memenuhi semua persyaratan maupun ketentuan yang berlaku.Perlu diketahui pula program ini khusus  masyarakat tidak mampu dengan  persyaratan  ketentuan sebagai berikut.

  1. Warga Negara  Indonesia terdampak Covid-19 bukti KTP
  2. Terdaftar Keluarga Penerima Manfaat
  3. Terdaftar Data  Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS).
  4. Bukan anggota TNI
  5. Bukan anggota Polri
  6. Bukan ASN BUMN
  7. Belum pernah mendapat bansos lain BLT UMKM, BLT subsidi gaji dan Kartu Prakerja

Siapa saja yang  bisa  saja menerima  bantuan tetapi belum terdaftar asal memenuhi semua persyaratan sesuai ketentuan. KPM dapat mengajukan diri secara  online maupun offline dengan membawa KTP,  KK ke  kantor setempat..

Hal menarik  dari kriteria dan kategori  penerima manfaat BLT BPNT warga  miskin yang  rentan kemiskinan.Selain itu  hanya berlaku hanya 1 KK khusus PKH kemudian masuk DTKS, NIK dan ditetapkan sebagai penerima  bansos.

Berikut Nominal Masing- Masing Kategori 

  1. Kategori Ibu hamil/nifas –Rp  750.000/ Rp 3000.000 per tahun
  2. Anak usia dini0-6 tahun Rp 750.000/Rp.3000.000per tahun
  3. Pendidikan anak  SD/sederajat Rp 225.000/Rp 900.000 per tahun
  4. Pendidikan anak SMP/sederajat Rp 375.000/Rp 1.500.000 per tahun
  5. Pendidikan anak SM/sederajat Rp 500.000/Rp 2000.000  per  tahun
  6. Penyandang cacat disabillitas berat Rp 600.000/tahap /Rp 2.400.000  per tahun
  7. Lanjut usia Rp 600.000/tahap/Rp  2.400.000 per tahun

Penerima manfaat  bisa langsung melakukan proses pencairan, tetapi penting  dipahami bukan berarti diambil sekaligus.Jumlah penerima bansos setiap  daerah cukup banyak perilu antri kemudian juga ada  jadwal  agar  tidak  terjadi kerumunan.

4 periode BLT  PKH 2023

Proses  pencairan BLT PKH periode ketiga berlangsung  bulan Juli-September 2023. Sebelumnya  telah disalurkan dalam 3 periode yakni  periode pertama  Januari-Maret 2023, periode kedua April-Juni 2023  2023 kemudian periode  ketiga  Juli-September.

Pada periode keempat masih akan berlangsung Oktober –Desember 2023 kemudian perlu ketahui  jumlah total Keluarga Penerima Manfaat   sekitar 10 juta yang menerima bansos.Pada periode ketiga sedang berlangsung  selama 3  bulan yakni Juli-September.

Hal menarik dari proses pencairan BLT PKH 2023 hanya berlaku satu KPM terdiri dari  4  orang . Jika lebih dipastikan tidak boleh dan pastinya   bisa saja gagal menerima bantuan.Bantuan bansos dapat diambil melalui kantor pos terdekat dengan membawa kartu peserta PKH oleh pengurus keluarga dan tidak diwakilkan oleh siapapun.

BACA JUGA:Disbursed BPNT Social Assistance August 2023: Here are the Tegal Residents who Received Rp 400,000 in Assistan

Di samping lewat kantor pos peserta dapat pula mencairkan bantuan lewat rekening bank-bank milik negara tergabung dalam kelompok Himbara yang  telah ditunjuk seperti BRI BNI Mandiri atau   BCA. Sementara jadwal pencairan kapan akan cair bansos PKH bisa menanyakan  ke bank terdekat ataupun kantor kelurahan.

Pastikan membawa KTP  dan dokumen-dokumen penting lainnya kemudian perlu  diingat bahwa proses pencairan ada  batas berlakunya.  Setiap periode biasanya  rentang   waktu 3 bulan seprti perioode ketiga ini berlangsung  dari bulan Juli-September 2023

Pencairan dana  masih akan berlangsung  hingga bulan Desember 2023 dan pastikan jangan sampai terlewatkan karena penting waktu terbatas. Nominal bansos BLT PKH periode tidak  sama tergantung jenis  bantuan yang diperoleh penerima manfaat kemudan pastikan  datang ke lokasi pencairan tepat waktu sudah ditentukan.  Demikian tadi pemahasan  Kriteria dan Ketegori Penerima Manfaat  Bansos BLT PKH  2023 yang penting diketahui dan dipahami*

                                                                                       

 

 

 

Sumber: