Memprihatinkan! Kabupaten Tegal Rangking Buncit di Porprov Jateng, Sugono Getun

Memprihatinkan! Kabupaten Tegal Rangking Buncit di Porprov Jateng, Sugono Getun

RAPAT - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PDI Perjuangan KRT Sugono Adinagoro (kanan) didampingi Wakil Ketua Komisi II, Aditya Zulton Prakosa saat memimpin rapat, belum lama ini.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL- Kabupaten Tegal rangking buncit atau terakhir pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2023. Hal ini benar-benar memprihatinkan dan membuat warga Kabupaten Tegal kecewa. 

Bahkan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PDI Perjuangan KRT Sugono Adinagoro mengaku sangat getun (kecewa) dengan raihan prestasi itu.

“Kami sangat kecewa di akhir masa jabatan Bupati Tegal, malah mendapatkan rangking terakhir. Padahal, salah satu misinya untuk meningkatkan prestasi olahraga,” kata Sugono, Senin 14 Agustus 2023.

Menurutnya, berdasarkan hasil klasemen terakhir Porprov Jateng pada 11 Agustus 2023 pukul 16.54 WIB, Kabupaten Tegal menduduki peringkat terakhir dari 35 kabupaten/ kota di Jateng. 

BACA JUGA:Fasilitasi Rumah Dinas Kejari Kabupaten Tegal Rp3 Miliar, Bupati Tegal Umi Azizah Dapat Apresiasi

Kabupaten Tegal hanya mendapatkan 1 emas, 1 perak dan 8 perunggu. Medali emas satu-satunya dalam ajang tingkat Provinsi Jateng itu, diperoleh dari tim basket.

Selain pimpinan DPRD, Sugono saat ini juga menjabat sebagai ketua Askab PSSI Kabupaten Tegal mengaku sangat prihatin dengan prestasi olahraga yang semakin merosot.

Dia menduga, hal itu karena anggaran yang dialokasikan untuk pembinaan atlet jauh dari kebutuhan.

Sugono berharap, prestasi buncit ini supaya menjadi pengalaman bagi Pemkab Tegal. Pemkab harus berkaca pada daerah lain, supaya tidak memandang sebelah mata untuk kegiatan olahraga.

“Kalau ingin prestasi olahraga meningkat, anggaran juga harus ditingkatkan. Di daerah lain, anggaran untuk KONI sudah lebih dari Rp 1 miliar," tandasnya. 

BACA JUGA:Porprov Jateng 2023, Kontingen Brebes Raih 50 Medali

Pada 2023 ini, anggaran yang digelontorkan untuk KONI Kabupaten Tegal hanya Rp500 juta. Anggaran itu dibagi menjadi 23 cabang olahraga (cabor) yang ada di Kabupaten Tegal.

“Askab PSSI hanya mendapatkan Rp5 juta. Padahal, kebutuhan anggaran mencapai Rp150 juta per tahunnya,” ujarnya. ***

Sumber: