Belum Umumkan Bacawapres, Anies Baswedan Ungkap Alasannya

Belum Umumkan Bacawapres, Anies Baswedan Ungkap Alasannya

BERI KETERANGAN - Anggota Tim 8 Pemenangan Anies Baswedan Sudirman Said menyampaikan soal Bacawapres Anies Baswedan. -EKO FIDIYANTO/RADAR BREBES-

BREBES - Belum umumkan bacawapres, Anies Baswedan ungkap alasannya. Rupanya hal ini terkait dengan kesepakatan antar ketua partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Saat ini, pembahasan masih alot untuk memutuskan kapan cawapres pendamping Anies diumumkan. Meski demikian, Tim 8 Pemenangan Anies Baswedan menyebut sudah ada satu sosok yang telah diputuskan sebagai bacawapres. 

Anggota Tim 8 Pemenangan Anies Baswedan Sudirman Said mengatakan, Anies Baswedan sudah berkonsultasi dengan banyak tokoh pimpinan partai. Termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh negarawan, dan lainnya untuk memperoleh masukan figur seperti apa yang paling tepat untuk mendampinginya. 

BACA JUGA:SPN Move On, Pindahkan Dukungan Dari Ganjar ke Anies

Menurutnya, proses itu sudah selesai. Partai Nasdem pernah mengatakan lima calon, kemudian Demokrat atau PKS pernah menyebut tiga nama.

"Beberapa waktu lalu juga kita mengatakan nama itu sudah di kantong Pak Anies. Artinya Pak Anies pada dasarnya sudah memutuskan siapa nama itu tapi atas nama etik dan juga keseimbangan pada semuanya maka nama Itu disimpan kemudian atas dasar mandat itu Pak Anies menyampaikan keputusannya," tandasnya saat pembukaan Jambore Relawan Anies Baswedan di Padepokan Kalisoga Desa Slatri Kecanatan Larangan Kabupaten Brebes, Sabtu, 12 Agustus 2023. 

Diakuinya, setiap pandangan atau pendapat partai koalisi memiliki latar belakang. Pendapat ketiga partai politik, dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS juga bermacam-macam.

Namun ia menyebut hanya masih berbeda pandangan soal waktu untuk mengumumkan bacawapres. 

"Ini masih menunggu restu dari pimpinan partai untuk memutuskan waktu mengumumkan. Jadi kami sangat memahami di masing-masing partai politik itu terjadi satu dinamika. Pak Anies sebagai orang yang bukan datang dari partai politik kira-kira tahu diri dengan bersandar pada kebijakan atau sistem dari partai koalisi," kata Sudirman Said.

Sudirman menyebut, dalam waktu dekat sekira dua sampai tiga pekan ke depan KPP bakal mengumumkan bacawapres Anies Baswedan. Ia menegaskan, sudah ada satu nama bacawapres yang ada di saku Anies Baswedan dan sudah diajukan kepada partai koalisi. 

BACA JUGA:Anies Baswedan Diprediksi Denny Siregar Kibarkan Bendera Putih Mundur dari Pilpres 2024

Sudirman tak menyebut sosok siapa yang akan mendampingi Anies Baswedan untuk mendampinginya dalam kontestasi Pilpres 2024. 

"Partai Demokrat, PKS belakangan ini menyampaikan aspirasinya bahwa pengumuman lebih cepat lebih baik, karena itu artinya memberi kesempatan untuk bersiap-siap lebih panjang. Benar ada perbedaan itu kita terima sebagai suatu realitas seperti saya bilang tadi spektrum pandangannya dari kiri ke kanan itu sangat beragam tapi kesamaannya adalah semua partai komit untuk meneguhkan penjagaannya Pak Anis sekaligus memberi mandat kepada Pak Anis untuk mencari, menentukan pasangannya," paparnya. ***

Sumber: