Alasan Sungai Serayu Jadi Tempat Wisata Istimewa di Jawa Tengah dan Wajib Dikunjungi, Pecinta Rafting Merapat!

Alasan Sungai Serayu Jadi Tempat Wisata Istimewa di Jawa Tengah dan Wajib Dikunjungi, Pecinta Rafting Merapat!

Ilustrasi. Alasan mengapa Sungai Serayu di Jawa Tengah istimewa dan wajib dikunjungi-Pexels/Must Bee-

RADAR TEGAL – Sungai Serayu di Jawa Tengah merupakan salah satu objek wisata istimewa dan wajib untuk Anda kunjungi. Tempat ini juga menjadi rekomendasi tempat liburan bagi Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Sungai Serayu tidak hanya menjadi objek wisata menarik, namun juga memiliki suatu keyakinan bagi masyarakat setempat khususnya di Jawa Tengah. Aliran airnya diyakini bisa memberikan kemakmuran hingga kebahagiaan untuk masyarakat sekitarnya.

Terlebih lagi, objek wisata Sungai Serayu ini mengalir dari mata air Bima Lukar di dataran tinggi Dieng hingga ke pesisir Samudra Hindia di Cilacap. Sungai ini juga menjadi tempat yang paling pas untuk melakukan olahraga air seperti arung jeram alias rafting!

Alasan Sungai Serayu di Jawa Tengah wajib dikunjungi

1) Mata air Bima Lukar

Salah satu keistimewaan objek wisata Sungai Serayu ini memiliki mata air di dataran tinggi Dieng yang biasa disebut dengan Tuk Bima Lukar atau mata air Bima Lukar.

Sungai yang termasuk dalam salah satu sungai terbesar di Pulau Jawa ini memiliki panjang hingga 181 kilometer, yang mengalir dari timur ke barat daya dengan melewati 5 kabupaten.

Kabupaten tersebut ialah Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, hingga Samudra Hindia di Cilacap.

Tidak hanya memiliki mata air Bima Lukar, Sungai Serayu juga memiliki sejumlah anak sungai, diantaranya bersumber dari mata air di lereng Gunung Prau, Sindoro, Sumbing sampai dengan lereng Gunung Slamet. 

Keren bukan? Maka dari itu Sungai Serayu merupakan salah satu sungai istimewa di Jawa Tengah dan wajib dikunjungi.

BACA JUGA : 5 Fakta Menarik Sungai Serayu: Mengalirkan Kehidupan dan Sejarah yang Legendaris

2) Menjadi berkah bagi masyarakat setempat

Sungai Serayu tidak hanya menjadi objek wisata yang memanjakan para wisatawan luar yang datang dengan keistimewaan yang ia miliki. 

Memiliki sumber mata air yang istimewa, Sungai Serayu juga menjadi salah satu sumber air utama bagi masyarakat setempat.

Sumber: