Keindahan Alami Goa Sarabdak dan Goa Selirang Baturaden: Mitos, Lokasi, dan Harga Tiket

Keindahan Alami Goa Sarabdak  dan Goa Selirang Baturaden: Mitos, Lokasi, dan Harga Tiket

Goa Sarabadak | @Galuh_amee--@galuh_amee

RADAR TEGAL - Bagi Anda penikmat pemandangan alam. Goa Selirang dan Goa Sarabadak Baturaden dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda berlibur.

Goa Selirang

Goa Selirang atau Tebing Pancuran 7 terletak di Baturaden, Kebupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Selirang sendiri merupakan tebing yang tertutup lapisan belerang dari salah satu jalur magma Gunung Slamet.

Tidak hanya dapat menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat mandi air panas karena ditempat tersebut memiliki aliran air panas alami.

Goa Selirang sendiri berada di kawasan sumber mata air panas dari Pancuran Pitu, Baturaden.

Adapun harga tiket masuk obyek wisata ini yakni hanya Rp13 ribu per orang.

Sebelum Anda tiba di lokasi  tujuan, Anda akan disuguhkan pemandangan alam indah dari lereng Gunung Slamet, yang merupakan salah satu gunung terbesar di Jawa Tengah.

Namun, tepat sebelum mengunjungi Goa Selirang ini. Ada baiknya And amenikmati pijat belerang di Pancuran Pitu terlebih dahulu yang tentu bisa membuat badan Anda menjadi lebih rileks.

Setelah tubuh Anda berlumuran belerang dan seras dipjat, Anda perlu menuruni bukit sejauh skeitar 100 meter.

Di sana Anda  akan menjumpai tebing berwarna kuning keemasan khas belerang.

Anda yang telah pijat belerang, tinggal membilas tubuh dnean pancuran air panas alami.

Diketahui, Goa Selirang ini hanya mempunyai beberapa lubang kecil dan pendek. Namun, keindahan Goa tersebut dapat membius Anda untuk  berlama-lama di tempat tersbeut.

Tersedia juga beberapa titik kursi istirahat dan bagus untuk berfoto.

Goa Selirang ini,  memnag belum lama di buka sebagai obyek wisata dan sebelumnya pengunjung hanya dapat mencapai Pancuran Pitu.

Selain Goa  Selirang, masih banyak lagi tempat menarik dengan pemandangan khas sumber belerang lainya ya, salah satunya Goa Sarabadak.

Goa Sarabadak

Goa Sarabadak berada di Desa Kemutuk Lor Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Lebih tepatnya masih berada di sekitaran kompleks Pancuran Pitu Baturaden.

Ketika Anda menuju lokasi ini, Anda harus menuruni undakan jalan setapak yang memiliki sebuah tebing belerang yang berada di sisi kanan.

Goa Sarabadak memiliki keunikan tersendiri, karena di dalam gua tersebut terdapat pertemuan aliran air panas yang berasal dari Pancuran Pitu dan aliran air dingin yang berasal dari mata air hutan.

Selain itu terdapat juga asap putih yang mengumpal pada aliran panas di sepanjang tebing yang lebar.

Melansir dari sebuah agen travel, air panas tersebut diketahui mengandung belerang yang mengalir selama ratusan tahun tanpa henti.

Aliran panas juga biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk merendam kaki, yang konon disaat merendamkan kaki semua penyakit akan sembuh.  

Selain dapat menikmati ari panas, terdapat juga dinding berlumut tebal berwarna hijau menutupi tebing yang tidak terkena aliran air panas, sehingga pengunjung dapat menikmati kesegaran yang berada di lokasi tersebut.

Untuk menuju ke lokasi tebing yang berwarna hijau tersebut, pengunjung wajib menuruni undakan menuju bagian bawah tebing.

Jalan tersebut tentunya yang sudah tertata rapid an cukup baik, jadi akses menuju ke tebing hijau sangat mudah dijangkau.

Demikian ulasan mengenai Goa Selirang dan Goa Sarabadak Baturaden. Semoga bermanfaat.***

Sumber: