Bansos PKH Rp750 Ribu untuk Balita di Tegal Cair Agustus, Lansia Dapat Rp600 Ribu

Bansos PKH Rp750 Ribu untuk Balita di Tegal Cair Agustus, Lansia Dapat Rp600 Ribu

Ilustrasi bansos PKH--

RADAR TEGAL - Bansos PKH Rp750 ribu untuk balita di Tegal menjadi salah satu bantuan sosial (bansos) yang ditunggu masyarakat saat ini. Bulan Agustus ini, pemerintah sudah mengumumkan pencairannya. 

Di bulan ini, Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BLT BPNT) cair untuk beberapa kategori. Bansos PKH Rp750 ribu untuk balita di Tegal termasuk di dalamnya.

Pemberian bansos untuk balita tentunya berkaitan dengan upaya pemerintah untuk mencegah stunting sejak bayi dan balita. Adanya bantuan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan salah satunya untuk pemenuhan gizi balita.

Besaran bansos PKH untuk balita berjumlah Rp750 ribu sama dengan bansos PKH untuk ibu hamil. Namun, jumlah tersebut lebih besar dari bansos untuk lansia yang menerima Rp600 ribu per tahap.

BACA JUGA:Cara Daftar Online Bansos PKH Agustus 2023, Dana Bantuan Cair Rp600 Ribu untuk Warga Tegal

Selain itu, ada penyandang disabilitas yang juga akan menerima Rp600 ribu per tahap. Siswa SD juga akan menerima Rp225 ribu per tahap.

Sementara bansos untuk siswa SMP lagi sebesar Rp370 ribu per tahap dan siswa SMA akan menerima Rp500 ribu per tahap.

Pemberian bansos PKH sendiri menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak ekonomi dan termasuk kurang mampu. Termasuk Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia. 

BACA JUGA:Bansos PKH Rp600 Ribu untuk Ibu Hamil di Tegal, Simak Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan

Para penerima bansos PKH merupakan keluarga penerima manfaat (KPM) yang termasuk dalam kategorinya masing-masing, seperti tersebut di atas. Lalu bagaimana cara mendaftar dan memeriksa status penerima bansos PKH ya?

Beberapa langkah untuk mendaftar dan memeriksa status penerima di antaranya:

1. Kunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isikan alamat dan nama lengkap sesuai KTP dengan benar.

3. Masukkan kode captcha yang muncul.

4. Klik tombol “Cari Data.”

Tunggu beberapa saat sampai  informasi mengenai penerimaan Bansos PKH Tahap 4 tahun 2023 akan muncul. Selamat mencoba. ***

Sumber: