Disnakerin Kota Tegal Uji Kompetensi 99 Peserta Pelatihan: Jangan Sekadar Iseng-iseng Karena Gratis

Disnakerin Kota Tegal Uji Kompetensi 99 Peserta Pelatihan: Jangan Sekadar Iseng-iseng Karena Gratis

Kepala Disnakerin R Heru Setyawan memberikan pesan-pesan kepada peserta pelatihan menjahit di LPK Arum.-K Anam Syahmadani-

RADAR TEGAL - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal memfasilitasi 99 peserta pelatihan kerja untuk mengikuti uji kompetensi.

99 peserta pelatihan itu, terdiri dari 42 peserta pelatihan menjahit, 37 peserta pelatihan tata kecantikan rambut, dan 20 orang peserta pelatihan barber

Seluruh peserta sebelumnya mengikuti pelatihan kerja selama 231 jam pelajaran yang dilaksanakan 33 hari, mulai 27 Juni sampai 5 Agustus 2023 di 7 LPK mitra kerja Disnakerin.

Secara berurutan, Kepala Disnakerin R Heru Setyawan membuka pelaksanaan uji kompetensi di Tempat Uji Kompetensi (TUK) LPK Arum untuk menjahit.

Lalu LPK Harmonis untuk barber dan LPK Citra Ayu untuk tata kecantikan rambut. 

BACA JUGA:MANTAP! Job Cafe Disnakerin Kota Tegal Fasilitasi Generasi Z Cari Kerja

Saat membuka uji kompetensi, Heru berpesan kepada peserta agar pelatihan yang telah diikuti tidak dianggap hanya sekadar mengisi waktu luang atau iseng-iseng karena gratis. 

Heru juga mengingkatkan untuk selalu meningkatkan kompetensi, yang diukur dengan pengetahuan (knowledge) yang makin luas, ketrampilan (skill) yang makin mahir, dan sikap perilaku (attitude) yang makin baik. 

Sertifikat kompetensi jangan hanya untuk pajangan di dinding, tetapi harus dimanfaatkan untuk bekerja, baik opsi menjadi pekerja formal maupun bekerja mandiri sebagai wirausaha.

"Tolong pertanggungjawabkan biaya pelatihan dan uji kompetensi yang tidak sedikit, dengan benar-benar bekerja setelah selesai pelatihan dan dinyatakan kompeten," tegas Heru.

Lebih jauh, Heru mengungkapkan bahwa pelatihan yang diadakan adalah salah satu upaya untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Tegal. 

BACA JUGA:Kerap Dapat Penghargaan, Kota Tegal Dipilih Jadi Lokasi Studi Lapangan Pusat Pendidikan Administrasi Polri

"Tren penurunan angka pengangguran selama dua tahun terakhir harus dilanjutkan, di tahun 2023 ini harus turun lagi dari 6,68 di tahun sebelumnya," ujar Heru.

Disnakerin mempercayakan pelaksanaan uji kompetensi pada Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) untuk pelatihan menjahit dan tata kecantikan rambut.

Sumber: