Penerima BLT BPNT 2023 di Tegal Bisa Terima 1 Juta di Bulan Agustus untuk Pemilik KTP Jenis Ini

Penerima BLT BPNT 2023 di Tegal Bisa Terima 1 Juta di Bulan Agustus untuk Pemilik KTP Jenis Ini

--

RADAR TEGAL - BLT BPNT 2023 bisa cair 1 juta di bulan Agustus 2023, termasuk di Tegal dan sekitar. Syaratnya sebagai pemilik KTP berstatus penerima cek bansos cekbansos.kemensos.go.id.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) ini merupakan bantuan sosial (bansos) berupa uang langsung tunai Rp400 ribu per dua bulan.

BPNT 400 ribu sendiri bisa dicairkan enam kali tahapan dalam setahun. Rinciannya sejak dari Januari hingga Desember 2023 mendatang.

Meski demikian, tanggal cair bansos 2023 adalah kewenangan Kementerian Sosial (Kemensos). Tetapi kita bisa menegceknya secara kontinyu lewat cekbansos.kemensos.go.id.

Berdasarkan aturannya terdapat 3 pemilik KTP yang bisa mendapatkan dana BPNT berupa uang Rp1 juta, asal memenuhi syarat-syarat berdasarkan aturan perundang-undangan.

3 pemilik KTP yang dapat BLT BNPT 1 juta

Secara umum terdapat beberapa status pemilik KTP yang bisa terdaftar sebagai penerima BLT 2023. Untuk memastikannya, kita bisa mengcek bansosnya di cekbansos.kemensos.go.id, yakni sebagai berikut:

1. Keterangan Bansos BPNT atau PKH,

2. Terdaftar Ya, Pengurus, atau Anggota Keluarga.

3. Keterangan proses Proses Bank Himbara/PT Pos Indonesia, dan periode pencairan Juli-Agustus 2023

Sekedar informasi, keluarga penerima manfaat (KPM) bansos PKH juga bisa mendapatkan bansos pelengkap seperti BPNT, PIP Kemdikbud, atau bansos dari pemerintah daerah. Ini 3 pemilik KTP yang menjadi prioritas menerima PKH dan BPNT sekaligus:

1. Ibu rumah tangga tunggal yang kehilangan mata pencaharian, sedang hamil, atau mempunyai balita atau anak usia sekolah.

2. Penyandang disabilitas kronis.

3. Lansia usia 60 tahun yang hidup mandiri.

Sumber: