BREAKING NEWS! Calon Sekda Kabupaten Tegal Bakal Mengerucut 3 Nama, Siapa Saja yang Lolos?

BREAKING NEWS! Calon Sekda Kabupaten Tegal Bakal Mengerucut 3 Nama, Siapa Saja yang Lolos?

WAWANCARA - Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, saat diwawancara sejumlah awak media, Jumat 4 Agustus 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL - Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal tengah berjalan. Dari 10 pejabat yang mendaftar, calon sekda Kabupaten Tegal bakal mengerucut ke 3 nama.

Tiga nama tersebut yang nantinya akan dipilih oleh Bupati Tegal Umi Azizah.

“Peserta yang mendaftar calon sekda sebanyak 10 orang, dan semuanya lolos seleksi administrasi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal Mujahidin, Jumat 4 Agustus 2023.

Dia mengungkapkan, setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, peserta mendapatkan pengarahan dari Bupati Tegal dan pengarahan teknis oleh Panitia Seleksi (Pansel), di ruang rapat Bupati Tegal pada 7-8 Agustus 2023.

Peserta seleksi calon sekda Kabupaten Tegal ini juga akan dinilai rekam jejaknya oleh pansel dibantu Inspektorat Kabupaten Tegal. Bagi pejabat yang dari luar Kabupaten Tegal, maka Inspektorat akan menelusuri ke daerah yang bersangkutan.

“Setelah ini, para peserta akan mengikuti uji kompetensi manajerial dan sosial kultural di UPTD Penilaian Kompetensi ASN BKSDM Kota Yogyakarta pada 10-11 Agustus 2023,” ujarnya.

BACA JUGA:Banyak Kasus Hukum Terkait Penggelapan PBB, Plh Sekda Kabupaten Tegal Minta Kades Rajin Memantau

Untuk materi uji kompetensi, kata Mujahidin, mendasari Peraturan MenPAN RB Nomor 38 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Jabatan.

Sementara itu, kewenangan untuk menilai atau mengukur, yakni Assesor SDM Aparatur. Seleksi dilanjutkan dengan Uji Gagasan Tertulis yang dilaksanakan di UPS Tegal pada 14 Agustus 2023. Sedangkan uji gagasan lisan dan wawancara akan dilaksanakan pada 25-26 Agustus 2023. 

“Dari 10 peserta itu, akan mengerucut 3 orang terbaik. Dan itu akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2023,” jelasnya.

Mujahidin menuturkan, setelah diperoleh tiga peserta terbaik, dilakukan tes kesehatan fisik dan mental pada 31 Agustus sampai 1 September 2023. 

Setelah itu, pansel menyerahkan hasil nama calon Sekda Kabupaten Tegal kepada Bupati Tegal. Selanjutnya, bupati akan konsultasi atau meminta rekomendasi dari Gubernur Jateng dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Namun, permohonan rekomendasi diawali dari Gubernur Jateng, karena KASN hanya akan memberikan rekomendasi setelah terbitnya rekomendasi dari Gubernur Jateng. 

“Kalau sesuai jadwal seleksi, pelantikan akan dilaksanakan tanggal 2 Oktober 2023,” sambungnya. 

Mujahidin mengungkapkan, untuk Pansel Calon Sekda Kabupaten Tegal ini dipimpin oleh Rektor UPS Tegal Dr Taufiqulloh MHum. Sedangkan anggotanya yakni, Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta Drs Paulus Dwi Laksono Harjono MAP. Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Pemprov Jateng Drs M Arief Irwanto MSi. Wakil Rektor III/ Dosen Undip Semarang Prof Budi Setiyono SSos MPol Admin PhD, dan Dosen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Dr Evi Noor Afifah SE MSE. 

“Untuk penentuan atau kewenangan yang memilih jabatan sekda yakni bupati,” tutupnya. 

BACA JUGA:Seleksi Sekda dan Pimpinan Pratama Kota Tegal Dibuka, Pemkot Umumkan 3 Lowongan

Menurutnya, dari 10 pejabat itu 2 di antaranya berasal dari Kota Tegal dan Kabupaten Wonosobo. 

Berikut ini nama-nama 10 pejabat yang mendaftar dan lolos seleksi administrasi:

1. Dra Suspriyanti MM (Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal)

2. Jaenal Dasmin, BE, S.Sos., MM (Kepala Dinas Perkim Kabupaten Tegal)

3. Untung Subagio, S.Sos (Sekretaris DPRD Kabupaten Tegal)

4. Drs. Akhmad Uwes Qoroni, MT (Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal)

5. Dr. Drs. Irkar Yuswan Apendi, MM (Kepala Dinas Porapar Kota Tegal)

6. Dessy Arifianto, S.Sos (Kepala Dinas Permasdes Kabupaten Tegal)

7. dr. Joko Kurnianto, SKM., M.Kes (Kepala Bagian Perencanaan, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan RSUD dr. Soeselo Slawi)

8. Amir Makhmud, SE., M.Si (Kepala BPKAD Kabupaten Tegal)

9. Supriyadi, S.Sos. M.Si (Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal)

10. Drs. Bagyo Sarastono, M.Si (Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kabupaten Wonosobo). ***

Sumber: