Mimika dan Dieng Mulai Diselimuti Salju, Berikut 5 Kota Terdingin di Jawa Tengah

Mimika dan Dieng Mulai Diselimuti Salju, Berikut 5 Kota Terdingin di Jawa Tengah

--

RADAR TEGAL - Akhir-akhir ini sedang ramai perihal hujan salju yang tiba-tiba turun di wilayah tambang PT Freeport Indonesia di Grasberg, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Di Dieng, Jawa Tengah juga muncul salju, lantas di manakah kota terdingin di Jawa Tengah?  

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri sudah menyebutkan kondisi itu akan berlangsung hingga Agustus. Misalnya di Mimika, turunnya salju konon terjadi imbas dari musim penghujan yang terjadi di wilayah tersebut.

Selain itu hujan salju juga karena dipengaruhi oleh awan Nimbostratus, yakni sejenis dengan awan Cumulonimbus. Awan Nimbostratus adalah jenis awan rendah yang cukup tebal dan memiliki bentuk menyebar seperti kabut tebal dan berwarna kelabu.

Sedangkan hujan dari jenis awan ini mempunyai durasi yang lama dengan intensitas yang tidak terlalu lebat. Berbeda dengan awan jenis Cumulonimbus yang dapat mengakibatkan hujan deras dan es.

Tidak hanya itu faktor letak geografis Kabupaten Mimika yang berada di ketinggian 2.500 mdpl juga menyebabkan fenomena turunnya salju. Sehingga, daerah di Kabupaten Mimika menjadi dingin karena letaknya berada di ketinggian.

Kota terdingin di Jawa Tengah

Lalu bagaimana dengan kondisi serupa, yakni turunnya salju di Kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Ternyata meski sering turun salju, wilayah terdingin tersebut malan bukan di Kabupaten Banjarnegara.

Berdasarkan sebaran data BPS Jawa Tengah, terdapat 5 kabupaten yang berhawa dingin di Jawa Tengah. Data yang terhimpun pada tahun 2022 tersebut, terdapat kabupaten dengan ketinggian wilayah mencapai 292,649 mdpl di antaranya adalah:

1. Wonosobo

Wilayah Kabupaten Wonosobo memiliki ketinggian mencapai 794,004 mdpl. Kabupaten Wonosobo yang memiliki luas mencapai 984,7 km persegi, terdiri dari 15 Kecamatan dan 265 kelurahan dan desa.

Sebagian besar area Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi, Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter).

Sedangkan daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter).

2. Temanggung

Kabupaten Temanggung mempunyai ketinggian wilayah sejumlah 578,760 mdpl. Wilayahnya yang seluas 870,6 km persegi merupakan salah satu kota terdingin di Jawa Tengah, yang terdiri dari 20 kecamatan, 23 kelurahan, dan 266 desa.

Sumber: