Situs Gunung Susuru, Napak Tilas Kerajaan Kawali di atas Bukit Ciamis, Simak Kisahnya

Situs Gunung Susuru, Napak Tilas Kerajaan Kawali di atas Bukit Ciamis, Simak Kisahnya

Ilustrasi situs gunung Susuru, napak tilas kerajaan Kawali di atas bukit Ciamis.-(Foto: Tangkapan Layar/Instagram/rhamdaaan_).-

RADAR TEGAL - Situs Gunung Susuru merupakan salah satu destinasi wisata sejarah tersembunyi yang berada di Ciamis, berlokasi di Kampung Bunder, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, provinsi Jawa Barat. 

 

Situs ini menyimpan sejarah yang sangat penting bagi dua daerah, yakni kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

 

Memiliki luas 7 Ha yang dikelilingi oleh 2 sungai dibawahnya, yaitu sungai cimuntur dan cileueur. 

 

Situs ini merupakan tinggalan punden berundak dari masa kerajaan Hindu (masa klasik) dan juga terletak 3 buah goa yang mempesona mata dan 1 buah sumur yang tentunya peninggalan lainnya seperti manik-manik dan juga keramik.

 

Situs Gunung Susuru ini merupakan patilasan dari kerajaan Galuh Kertabumi yang didirikan oleh Putri Tanduran Ageung, putri Raja Galuh Salawe yang bernama Sanghyang Cipta.

 

Kemudian beliau menikah dengan Rangga Permana, keponakan Prabu Geusan Ulun, penguasa Kerajaan Sumedang Larang. Wilayah ini merupakan sebagai hadiah pernikahan dari sang ayah. 

 

Karena berada di pinggir sungai Cimuntur, Rangga Permana kemudian dikenal sebagai Prabu Di Muntur pada saat dilantik sebagai raja pada tahun 1585 M. 

 

Sumber: