Keren! Sup Terenak Nomor 1 di Dunia adalah Rawon, Kalahkan Ramen Jepang yang Mahal dan Lebih Populer

Keren! Sup Terenak Nomor 1 di Dunia adalah Rawon, Kalahkan Ramen Jepang yang Mahal dan Lebih Populer

Rawon terpilih menjadi sup terenak nomor 1 di dunia versi Taste Atlas.--

RADAR TEGAL - Taste Atlas menobatkan rawon menjadi sup terenak nomor 1 di dunia. Kelezatan rawon bahkan berhasil menyisihkan deretan sup-sup di sejumlah negara lainnya.

Lebih fantastisnya lagi rawon menjadi sup terenak nomor 1 di dunia juga mengalahkan ramen Jepang yang lebih mahal dan populer. Ini tentu saja menjadi kabar yang membahagiakan.

Karena satu lagi kuliner di Tanah Air berhasil mencuri perhatian dan dianugerahi sebagai makanan yang terenak di dunia. Sebelumnya ada rendang, yang juga mendapatkan apresiasi serupa.

Rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur, berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam dari kuah rawon berasal dari buah kepayang atau sering disebut dengan kluwak.

Meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, rawon juga dikenal luas oleh oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur, seperti Surakarta. Sedangkan di luar negeri, rawon dikenal sebagai black soup. 

Sup terenak nomor 1 di dunia

Taste Atlas merupakan website panduan wisata di seluruh dunia. Pada, Senin 31 Juli 2023, Taste Atlas merilis 10 sup terenak di dunia. Rilis Taste Atlas itu didasarkan pada penilaian dengan serangkaian mekanisme khusus di masyarakat. 

Penilaian ini bertujuan untuk mempromosikan makanan lokal dan menanamkan kebanggaan pada masakan tradisional. Selain itu juga mengenalkannya kepada masyarakat supaya lebih tahu dan ingin mencobanya. 

Hasilnya rawon khas Surabaya, Jawa Timur terpilih menjadi sup terenak di dunia. Ada beberapa catatan yang menjadikan rawon sebagai sup khas yang terenak, karena warnanya yang hitam pekat. 

Warna hitam pekat tersebut didapatkan biji tanaman rempah asli Indonesia, kluwek. Selain itu ada juga tampahan rempah-rempah lainnya, seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai yang membuat rasa rawon semakin khas Tanah Air

10 Sup terenak di dunia versi Taste Atlas

1. Rawon dari Surabaya, Indonesia

2. Ramen Tonkotsu dari Fukuoka, Jepang

3. Tom Khai Gai dari Thailand

Sumber: