4 Mitos Menyeramkan dari Pantai Parangtritis, Pintu Gerbang Menuju Kerajaan Laut Selatan Ada di Sini?

4 Mitos Menyeramkan dari Pantai Parangtritis, Pintu Gerbang Menuju Kerajaan Laut Selatan Ada di Sini?

pantai parangtritis--pinterest.com

RADAR TEGAL - Pantai Parangtritis merupakan pantai populer yang indah di Yogyakarta. Pantai ini tepatnya berada di Kelurahan Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak Pantai Parangtritis dari Kota Yogyakarta hanya 27 km saja. Pemandangan sunset yang memukau di pantai ini menjadikannya sebagai tempat favorit banyak orang. 

4 Mitos Pantai Parangtritis 

Ombaknya yang besar adalah ciri khas pantai di pesisir selatan ini. Di samping sunset indah yang romantis, pantai ini juga memiliki mitos dan misterinya. 

BACA JUGA:5 Mitos dan Fakta Alas Roban, Jalan di Tengah Hutan yang Menyeramkan dan Memakan Banyak Korban

Kebanyakan mitos dan misteri di Pantai Parangtritis ini ada kaitannya dengan Legenda Nyi Roro Kidul. Kisah melegenda itu konon berkaitan erat dengan pantai ini. 

1. Pantai Parangtritis merupakan pintu gerbang menuju Kerajaan milik Nyi Roro Kidul 

Legenda Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul ini merupakan kepecayaan mistis yang kuat di sekitar wilayah pantai ini. 

Konon, ada sebuah kerajaan laut yang dipimpin Nyi Roro Kidul di sekitar wilayah pantai. Menurut kabar dari warga sekitar, Nyi Roro Kidul merupakan salah satu penguasa gaib yang mengitari Kesultanan Yogyakarta. 

Oleh karena itu, katanya, para Sultan tersebut harus tetap menjalin komunikasi dan meminta restu dalam setiap kegiatan kepada Nyi Roro Kidul. 

Hal ini berlaku agar semua kegiatan berjalan lancer dan tidak ada musibah yang datang. Bahkan, sampai saat ini banyak yang percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang menuju kerajaan gaib di Laut Selatan. 

2. Mitos memakai baju hijau 

Mitos yang satu ini sangatlah populer di kalangan masyarakat. Bahkan masyarakat luar Jawa pun banyak yang tahu tentang mitos ini. 

Konon, pengunjung tidak boleh memakai baju berwarna hijau saat datang ke Pantai Parangtritis. Menurut kabar yang beredar, Ratu Pantai Setalan alias Nyi Roro Kidul sangat suka warna hijau. 

Sumber: youtube larasati channel