Selain Walisongo Rupanya ada Walipitu Tokoh Penyebar Agama Islam di Pulau Bali

Selain Walisongo Rupanya ada Walipitu Tokoh Penyebar Agama Islam di Pulau Bali

RADAR TEGAL - Tak hanya di pulau Jawa yang tersebar makam - makam wali, di Bali pun rupanya ada makan wali yang dikenal sebagai Walipitu. Sama seperti Walisongo, bedanya Walipitu merupakan tokoh penyebar agama islam di pulau Bali.

Walaupun sebagaimana yang kita tau di Bali, agama islam masuk ke dalam minoritas. Namun perlu kalian ketahui jika Bali punya tingkat toleransi yang tinggi.

Adanya ajaran agama islam di pulau Bali dahulu merupakan hasil peran para tokoh Walipitu tadi. Sehingga untuk mengenang jasa nya, makam - makam para wali tadi pun berada disini.

Lalu siapa sajakah tokoh Walipitu tadi? dan dimana makam nya berada?

Yuk simak artikel dari RADAR TEGAL di bawah ini, karena kami akan memberikan informasi terkait Walipitu tokoh penyebar agama islam di pulau Bali.

BACA JUGA: Jelajahi Kampung Unik di Cirebon yang Dikelilingi Kuburan, Buka Pintu Langsung Pemakaman Tua, Ada di Mana?

 

Para tokoh Walipitu dan tempat pemakamannya

1. Syekh Achmad Chamdun Choirussholeh

Pertama ada Syekh Achmad Chamdun Choirussholeh atau biasa dikenal dengan Wali Seseh. Makamnya berada di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali.

Beliau merupakan anak dari Raja Mengwi Pertama dan Ibunya adalah Putri dari kerajaan Blambangan, Banyuwangi.

Kalian yang ingin berkunjung kesini tidak perlu khawatir akan aksesnya ya, karena sangat strategis dan mudah untuk ditemukan. 

2. Syekh Maulana Raden Hasan

Kedua, ada Syekh Maulana Raden Hasan yang dikenal juga sebagai Habib Umar bin Yusuf Al-Magribi. Bagi kalian yang ingin mengunjungi makamnya, beliau dimakamkan di area Bukit Tapak.

Sumber: