Masih Bisa Nabung! Trik Jitu Mengatur Gaji 1 Juta Perbulan

Masih Bisa Nabung! Trik Jitu Mengatur Gaji 1 Juta Perbulan

gaji--

RADAR TEGAL - Gaji yang sedikit memang menjadi keluhan bagi banyak orang. Pasalnya pemasukan tidak konstan dengan pengeluaran, sehingga trik jitu mengatur gaji 1 juta ini bisa kamu gunakan.

Trik jitu mengatur gaji 1 juta sangat cocok untuk mahasiwa, yang mungkin bekerja part time dengan gaji yang sedikit. Kamu bisa menggunakan tips ini agar tetap bisa nabung meski gaji kecil.

Tidak semua pekerjaan memberikan kita bayaran atau gaji yang besar. Terlebih untuk kita yang baru meniti karir. 

Namun tidak peduli besarannya, pekerjaan dengan gaji kecil tersebut masih diambil sebagai batu loncatan. Namun gaji yang kecil, nggak jarang membuat keteteran apalagi hidup di era yang seba mahal.

Oleh karena itu, trik jitu mengatur gaji 1 juta perbulan ini bisa kamu gunakan. Simak selengkapnya untuk informasi lebih lanjut.

BACA JUGA:6 Tips Membeli Rumah KPR dengan Gaji UMR

Buat Anggaran dan Catat Keuangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mencatat segala kebutuhan primermu. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang tidak bisa digantikan misalnya makan.

Kamu bia membuat anggaran pengeluaran terlebih dahulu untuk kebutuhan utama. Selanjutnya, untuk memastikan kalau pengeluaran kita sesuai dengan yang sudah dianggarkan, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukannya.

Buat Dana Darurat

Meski awalnya sulit, usahakan untuk punya dana darurat sebanyak 6 kali pengeluaran, atau dalam konteks ini sebesar Rp 6 juta.

Dana darurat ini bisa digunakan ketika ada keadaan darurat yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan sejumlah uang, agar kita tidak menggunakan pinjaman online.

Cari Penghasilan Tambahan

Di era yang serba mahal ini, gaji 1 juta pasti sangat kecil bukan. Namun kamu bisa menggunakan skil yang kamu dapat di perusahaan utnuk mencari cuan tambahan.

Penghasilan tambahan ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, misalnya memberikan les privat, membantu proyek teman, atau pekerjaan-pekerjaan lain yang sekiranya mampu memberikan kita penghasilan tambahan.

BACA JUGA:Sangat Sederhana, Berikut Tips untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Itulah trik jitu untuk mengatur gaji 1 juta per bulan. Besar kecilnya gaji perlu disyukuri dan pandai-pandailah mencari cuan tambahan.***

Sumber: