6 Tips Membeli Rumah KPR dengan Gaji UMR

6 Tips Membeli Rumah KPR dengan Gaji UMR

Ilustrasi: -rumah.com-

TEGAL, radartegal.disway.id - Apa itu KPR? KPR adalah kepanjangan dari kredit pemilikan rumah. KPR adalah pilihan yang pas jika kalian ingin memiliki rumah tetapi belum memiliki cukup uang tunai.

Kredit pemilikan rumah atau KPR adalah cara untuk membayar rumah secara cicilan dengan jangka waktu dan bunga yang sudah ditentukan.

Dengan KPR, kita tidak perlu memiliki uang tunai untuk membeli rumah. Yang perlu kalian siapkan hanyalah uang muka (down payment/DP) sebagai persyaratan untuk mengajukan KPR. Setelah itu, kalian dapat membayar sisanya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Berikut radartegal.disway.id akan memberikan tips membeli rumah KPR dengan gaji UMR, yukk simak berikut ini.

BACA JUGA:Update Juli 2023! KUR Mandiri Cair Rp50 Juta dengan Cicilan Rp966.640

Tips Membeli Rumah KPR dengan Gaji UMR

Apabila kalian ingin membeli rumah tetapi gaji kalian hanya sekadar Upah Minimum Regional (UMR), kita bisa memilih opsi KPR.

Cicilan bulanan akan tergantung pada jangka waktu pembayaran yang kalian pilih. Ini merupakan pilihan yang cocok bagi generasi muda yang sudah memiliki penghasilan tetap.

Jika kalian tidak mampu membeli rumah secara tunai, KPR sering menjadi pilihan favorit pasangan muda. Dengan KPR, kita tidak perlu membayar sewa bulanan atau tahunan.

Namun, sebelum kalian memutuskan untuk membeli rumah dengan KPR, penting untuk memahami beberapa hal agar pembayaran cicilan rumah berjalan lancar dan kalian tidak menghadapi masalah dengan penagih utang dari bank.

1. Cari pekerjaan tambahan

Menurut koinworks.com, ada cara sederhana untuk menjaga kesehatan keuangan kiat saat membayar cicilan rumah, yaitu mencari sumber pendapatan tambahan.

Misalnya, kalian bisa mencoba pekerjaan freelance. Meskipun membutuhkan usaha lebih banyak, pendapatan kalian bisa dua kali lipat. Ini akan membantu kita dalam membayar cicilan rumah.

2. Sisihkan pendapatan untuk tabungan dan investasi

Saat kalian mencicil KPR, ada langkah penting yang tidak boleh kita lewatkan, yaitu menabung. Sebaiknya sisihkan 20 hingga 30% pendapatan bulanan untuk ditabung.

Selain itu, kalian juga bisa menabung dalam bentuk investasi seperti kripto, reksadana, saham, dan sejenisnya.

BACA JUGA:Persyaratan KUR 2023 Terbaru! Serta Cara Lengkap Panduan Pengajuan Online dan Offline

3. Tetapkan skala prioritas

Untuk menjaga kelancaran pembayaran cicilan KPR dengan gaji UMR, kalian perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

hemat dalam pengeluaran belanja dan kuliner. Jika kalian boros dalam pengeluaran, kalian mungkin akan kesulitan membayar cicilan rumah.

Selain itu, hindari pembelian impulsif. Prioritaskan pembayaran kebutuhan primer seperti cicilan rumah, kendaraan, atau alat produktif seperti laptop.

4. Bijak mengambil cicilan yang baru

Setelah kita memutuskan untuk mengambil cicilan rumah, penting bagi kita untuk berkomitmen agar tidak sembarangan mengambil cicilan baru.

Mengambil cicilan baru dapat mengganggu kemampuan kita untuk melunasi cicilan rumah dengan tepat dan cepat.

Akibatnya, cicilan KPR bisa menjadi terhambat jika banyak uang digunakan untuk membayar cicilan lainnya.

5. Gaya hidup hemat

Dengan gaji UMR, kalian dapat mencicil KPR dengan lancar jika kalian dapat mengelola keuangan secara seimbang. Ini berarti kita juga harus menjaga agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan kalian.

BACA JUGA:Waspada! Berikut 5 Tips Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

6. Ajukan take over

Selain beberapa cara di atas, alian juga dapat mengajukan Take Over KPR agar cicilan menjadi lebih ringan. Take over adalah sebuah layanan yang membantu nasabah yang menghadapi kesulitan dalam membayar pinjaman di bank.

Demikian informasi tentang tips membeli rumah KPR dengan gaji UMR. Temukan banyak informasi lainnya hanya di radartegal.disway.id. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: