Cegah Stunting, Pemkot Tegal Galakan Gerakan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu

Cegah Stunting, Pemkot Tegal Galakan Gerakan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu

Bunda PAUD Kota Tegal dr Roro Kusnabilla Erfa, Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari bersama anak PAUD saat Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 di Pendopo Ki Gede Sebayu.-Meiwan Dani R-

RADAR TEGAL - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal gencarkan Gerakan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu dengan sasaran Anak TK dan PAUD.

Gerakan yang digalakan dalam Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 yang dipusatkan di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal itu, untuk mencegah stunting pada anak TK dan PAUD.

Menurut Bunda PAUD Kota Tegal dr Roro Kusnabela Erfa, anak TK dan PAUD jadi sasaran gerakan ini, karena mereka dalam masa pertumbuhan.

Dengan gemar minum susu, diharapkan anak TK dan PAUD terbebas dari stunting.

"Saya berpesan bahwa makan makanan yang bergizi tidak selalu harus mahal. Yang terpenting masyarakat harus tahu bagaimana memilih makanan yang sehat," kata Roro.

BACA JUGA:Sego Secenting Bisa Turunkan Angka Stunting Kelurahan Tegalsari Tegal?Ini Buktinya

Sementara berkaitan dengan pendidikan, Roro menyatakan, sangat mendukung inovasi Dinas Pendidikan, yakni Penjaminan Mutu PAUD  Secara Teringrasi, Terpadu dan Berkelanjutan ( SI DUTA ).

Inovasi tersebut dalam rangka meningkatkan capaian Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal tahun 2019-2024.

Di mana arah kebijakannya yakni peningkatan kualitas pendidikan sesuai standar pendidikan dan peningkatan layanan pendidikan.

“Sangat mendukung inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal. Apalagi saya sebagai Bunda PAUD di Kota Tegal juga mendorong bagaimana Transisi PAUD menuju ke jenjang SD lebih menyenangkan. Anak PAUD itu tidak harus bisa baca, tulis dan berhitung,  tetapi mereka bisa mampu mengenal, bersosialisasi dan berkarakter," ujarnya.

Diketahui, capaian persentase PAUD yang terakreditasi minimal B pada  tahun 2023 di Kota Tegal baru mencapai 50,52 persen. Adapun target capaian PAUD 2024 sesuai Renstra adalah minimal 80 persen  terakreditasi minimal B untuk semua satuan PAUD. 

BACA JUGA:31 Anak di Sumurpanggang Kota Tegal Derita Stunting, Lurah Gercep Lakukan Ini

Berkaitan dengan hal tersebut, tegas Roro, perlu adanya terobosan inovasi guna meningkatkan mutu PAUD di Kota Tegal. 

"Melalui SI DUTA Penjaminan Mutu PAUD di Kota Tegal diharapkan mutu PAUD di Kota tegal akan semakin meningkat guna menyongsong era Egenerasi Emas tahun 2045," pungkasnya. *

Sumber: