5 Fakta Seputar Timor Leste yang Masuk Jajaran Negara Termiskin di Dunia

5 Fakta Seputar Timor Leste yang Masuk Jajaran Negara Termiskin di Dunia

5 fakta seputar Timor Leste-freepik-

RADAR TEGAL – Ada sejumlah fakta seputar Timor Leste yang masuk dalam 10 daftar negara termiskin di dunia. Tingkat kemiskinan mereka ini juga menimbulkan isu bahwa adanya keinginan kembali lagi ke Indonesia.

Fakta seputar Timor Leste ini kali ini akan radartegal.disway.id bahas selengkapnya di bawah ini. Mulai dari awal lepasnya Timor Leste dari Indonesia hingga permasalahan yang mereka hadapi pasca kemerdekaan dari tanah air.

Melansir dari kanal YouTube Angka & Data Channel pada Rabu, 26 Juli 2023, berikut 5 fakta seputar Timor Leste yang bisa Anda ketahui. Simak ulasan ini hingga akhir, ya!

Fakta seputar Timor Leste, salah satu negara termiskin di dunia

1) Lepasnya Timor Leste

Timor Leste resmi merdeka atau lepas dari Indonesia sejak 20 Mei 2002 lalu. Lepasnya Timor Leste ini juga dibantu oleh beberapa negara lain, salah satunya Australia.

Mereka saat itu mengadakan referendum kemerdekaan. Adapun hasilnya saat itu sebanyak 78,5 persen penduduk Timor Timur memilih untuk merdeka dari Indonesia.

2) Banyak permasalahan 

Fakta seputar Timor Leste berikutnya yaitu adanya banyak masalah setelah kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia.

BACA JUGA : Eropa Niat ‘Bunuh’ Sawit Indonesia? Begini Fakta serta Dampaknya

Negara ini tentunya tidak langsung menjadi negara yang maju. Sejak lepasnya Timor Leste dari Indonesia, justru mereka memiliki beban tanggung jawab yang lebih besar.

Provinsi yang dulunya bernama Provinsi Timor Timur ini bahkan memiliki semakin banyak permasalahan, sebab harus berjuang lebih untuk membangun negaranya sendiri tanpa bantuan Indonesia.  

3) Kemiskinan yang semakin parah 

Salah satu masalah yang mereka pikul tentunya seputar ekonomi. Timor Leste masih belum bisa mengatasi masalah kemiskinan yang cukup parah hingga saat ini.

Sumber: