Nenek Moyang Suku Jawa dari China? Ini 4 Asal-Usul Suku Jawa yang Jarang Diketahui

Nenek Moyang Suku Jawa dari China? Ini 4 Asal-Usul Suku Jawa yang Jarang Diketahui

--by google maps

RADAR TEGAL - Indonesia memiliki suku yang jumlahnya mencapai 1.340 suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Suku Jawa menjadi suku terbesar di Indonesia yang jumlahnya mencapai 41% dari populasi Indonesia.

Menurut data sensus penduduk tahun 2010, jumlah populasi Suku Jawa di Indonesia sekitar 95.217.022 jiwa. Jumlah ini hampir mencapai setengah dari populasi Indonesia. 

Dengan jumlah yang sebesar itu, Anda pasti merasa penasaran mengenai asal-usul Suku Jawa. Asal-usul Suku Jawa diceritakan dalam beberapa cerita kuno, yang setiap versinya memiliki cerita yang berbeda-beda dan banyak orang yang tidak mengetahui ceritanya. 

Dilansir dari kanal Youtube Daftar Populer, terdapat berbagai versi mengenai asal-usul Suku Jawa di Indonesia. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Yuk, Kenal Lebih Dekat Suku Tidung yang Mempunyai Tradisi Pernikahan Unik

Asal Usul Suku Jawa

1. Penduduk Asli Pribumi  

Cerita pertama muncul dari temuan fosil-fosil purba yang mengungkapkan bahwa Suku Jawa hadir di Pulau Jawa sejak jutaan tahun yang lalu. Hal itu dibuktikan dengan penemuan fosil Pithecanthropus erectus dan Homo sapiens di Pulau Jawa.

Para Arkeolog meyakini bahwa Suku Jawa merupakan penduduk asli Indonesia yang sudah menghuni sejak zaman prasejarah. Penemuan pertama fosil tersebut terjadi pada tahun 1890 di Trinil, Ngawi, Jawa Timur.

2. Nenek Moyang Suku Jawa Berasal dari China 

Cerita kedua menceritakan tentang pengembaraan nenek moyang Suku Jawa dari seberang yang jauh, konon nenek moyang Suku Jawa berasal dari Yunan, Cina. Nenek moyang Suku Jawa ini melakukan perjalanan panjang ke berbagai wilayah Nusantara.

Para sejarawan percaya bahwa nenek moyang Suku Jawa melakukan perjalanan panjang di Nusantara dengan mengarungi lautan menggunakan perahu cadik dan menemukan tempat baru untuk membangun kehidupan baru.

BACA JUGA:Kenal Lebih Dekat dengan Suku Baduy yang Belum Tersentuh Teknologi dan Masih Mempertahankan Budaya Asli

3. Keturunan India

Sumber: youtube.com/daftar populer