Dipimpin Ganjar, Jateng Hattrick Penghargaan Provinsi Layak Anak Kementerian PPPA

Dipimpin Ganjar, Jateng Hattrick Penghargaan Provinsi Layak Anak Kementerian PPPA

Gubernur Ganjar Pranowo menerima penghargaan Provinsi Layak Anak dari Kementerian PPPA. Penghargaan ini kali ketiga atau hattrick yang diraih Jateng dibawah kepemimpinan Ganjar.--

RADAR TEGAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berhasil membawa Jawa Tengah kembali menerima apresiasi atau penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak (Provila). 

Ini merupakan kali ketiga atau hattrick penghargaan Provinsi Layak Anak yang diraih Jateng di bawah kepemimpinan Ganjar. 

Diraihnya penghargaan tersebut sekaligus membuktikan bahwa seluruh kabupaten dan kota di Jateng sudah mendapatkan predikat layak anak. 

Penganugerahan yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini pertama kali diterima Jawa Tengah tahun 2021. Kemudian kedua kalinya diberikan bertepatan dengan Hari Anak Nasional tahun 2022.

Ganjar menyampaikan capaian Provila tiga kali berturut ini merupakan hasil komitmen dari Jawa Tengah dalam mengupayakan suasana aman yang bisa dirasakan oleh anak-anak.

BACA JUGA:Ribuan Ulama dan Tokoh Masyarakat di Bogor Doakan Ganjar Jadi Presiden

“Ini sebenarnya bagian achievement kita untuk selalu bisa memberikan koreksi sehingga Kota Layak Anak betul-betul bisa terwujud,” kata Ganjar usai Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Padma Hotel Semarang, Sabtu 22 Juli 2023 malam. 

Ganjar juga mengapresiasi kabupaten kota yang telah bersama-sama antusias dan berkomitmen penuh untuk mewujudkan perlindungan dan memenuhi hak anak.

“Kita harus bisa menunjukkan agar kota layak anak ini betul-betul bisa dirasakan oleh anak-anak, iya saya hidup di kota ini merasa nyaman, merasa aman dan enak dengan segala akses yang menjadi haknya dia,” tuturnya.

Sebagai informasi, tak hanya kabupaten kota yang menerima penganugerahan dari KemenPPPA. Institusi Polri juga diberikan apresiasi dan Polda Jawa Tengah menrima penghargaan tersebut.

“Artinya kolaborasi kita juga bisa melakukan sebuah tindakan yang cepat seandainya terjadi pelanggaran ini antara lain yang kita lakukan,” tandas Ganjar. 

BACA JUGA:Kumpul dengan Anak Muda Bogor, Ganjar Cerita Masa Mudanya Jadi Penjual Bensin

Sementara itu Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam sambutannya mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dari kepala daerah dan para penerima lain dalam upaya melaksanakan konstitusi dalam melindungi anak Indonesia.

“Pemberian penghargaan kabupaten kota layak anak ini terasa begitu istimewa dengan antusias pemerintah daerah dalam mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” ujarnya.

Sumber: