Keren, Ini 5 Negara yang Mempelajari Bahasa Indonesia, dari Australia Sampai Amerika Utara

Keren, Ini 5 Negara yang Mempelajari Bahasa Indonesia, dari Australia Sampai Amerika Utara

Ilustrasi Negara Kanada, negara yang mempelajari bahasa Indonesia-Vincent Albos -

Semenjak dibuka di Hanoi, tercatat adanya peningkatan dari 129 orang menjadi 155 orang yang berminat belajar bahasa Indonesia, terutama dari kalangan mahasiswa. 

BACA JUGA:Bagai Pinang Dibelah Dua, Ini Dia 7 Negara yang Mirip Indonesia

Selain itu, tenaga pengajar bahasa Indonesia juga semakin banyak seiring bertambahnya jumlah pelajaran bahasa Indonesia. 

Saat ini, bahasa Indonesia di Hanoi diajarkan dalam 3 level dari total 6 level, yaitu mulai dari level A1, A2, sampai B1. Hal ini tentu menjadi hal positif bagi Indonesia untuk terus dapat memperkenalkan lebih luas lagi bahasa Indonesia di Vietnam.

Ukraina

Ukraina merupakan negara terbesar di Eropa dengan luas total 603,55 km2. Ukraina menjadi salah satu negara yang mempelajari bahasa Indonesia karena negara ini tertarik dan menganggap bahasa Indonesia penting untuk dipelajari. 

Pada tahun 1997, program studi bahasa dan sastra Indonesia dibuka di Taras Shevchenko National University of Kyiv, namun sempat ditutup karena kurangnya sumber daya pengajar. 

Pada tahun 2012, Taras Shevchenko National University of Kyiv kembali membuka program studi tersebut. 

Meskipun awalnya pihak Indonesia pesimis, ternyata antusiasme anak muda di Ukraina untuk mempelajari bahasa Indonesia terbilang tinggi. 

Pemerintah Ukraina pun juga sampai membuka program beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin mempelajari bahasa Indonesia.

Jepang

Jepang terletak di kawasan Asia Timur yang memiliki beberapa julukan seperti Negeri Matahari Terbit, Negeri Sakura, serta Macan Asia. Negara yang populer dengan animenya ini juga menjadi salah satu negara yang mempelajari bahasa Indonesia.

Meskipun di masa lalu Jepang sempat menjajah Indonesia, saat ini Indonesia dan Jepang banyak menjalin kerjasama di berbagai bidang yang membuat hubungan antara Indonesia dan Jepang semakin erat.

Ketertarikan masyarakat Jepang terhadap budaya Indonesia yang kaya dan unik semakin ditunjukkan dengan besarnya minat masyarakat Jepang untuk mempelajari bahasa Indonesia. 

Beberapa sekolah di Jepang telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswanya, begitupun universitas yang ada di Jepang seperti Tokyo University yang membuka program studi bahasa Indonesia yang ternyata banyak diminati dengan proses seleksi ujian masuknya yang cukup ketat.

Sumber: icon of indonesia