Tingkatkan Kapasitas Pegawai, BI Tegal Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran

Tingkatkan Kapasitas Pegawai, BI Tegal Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran

Petugas Pemadam Kebakaran memberikan materi penanganan kepada pegawai BI Tegal--

RADAR TEGAL – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal menggelar latihan penanganan kebakaran, Jumat 21 Juli 2023 pagi. Itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Pegawai dan karyawan saat terjadinya kebakaran.

Dengan harapan, mereka tidak panik dan mampu melakukan penanganan saat terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Kegiatan melibatkan petugas pemadam Kebakaran setempat sebagai instrukturnya.

Kepala Unit BI Tegal Agus Harjanto mengatakan refreshmen penanganan kebakaran dilaksanakan di halaman parkir. Kemudian, untuk pesertanya berasal dari pegawai, pensiunan BI dan anggota Satpam TDP.

“Pada kegiatan ini kami menghadirkan instruktur dari petugas pemadam kebakaran dari Kota Tegal,”katanya.

Pada pelaksanaannya, kata Agus, peserta mendapatkan materi pengenalan tentang tabung gas SNI dan cara penggunaan reguler serta pengamanannya. Kemudian mereka juga dikenalkan dengan tabung pemadam atau APAR (alat Pemadam api ringan).

“Selanjutnya, instruktur memberikan materi tentang cara penggunaan tabung gas dan penanganannya jika terjadi kebocoran atau kebakaran,”jelasnya.

Selain itu, kata Agus, pemateri juga mengajarkan tentan cara atau tekhnik menggunakan tabung pemadam. Sehingga, mereka mampu menggunakannya saat terjadi kebakaran sesuai dengan jenis tabungnya.

“Ada juga materi tentang penggunaan alat pemadam hydrant secara beregu yang dipraktekan saat kegiatan tersebut,”jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut, imbuh Agus, pihaknya berharap dapat meningkatkan kapasitas para pegawai. Sehingga, mereka mampu mencegah terjadinya kebakaran dan tidak panik serta mampu menangani jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Nantinya, kita akan melaksanakan latihan secara berkala. Kemudian, mematuhi dan melaksanakan protap penggunaan peralatan, serta metode  dalam penanganan kebakaran,”tandasnya.

Agus menambahkan, pihaknya juga mengimbau agar pegawai BI senantiasa mengececk peralatan secara berkala. Serta mampu mengenali tabung pemadam sesuai dengan penggunaannya. ***

Sumber: