Cara Membuat Cireng Kriuk dan Empuk, Anti Gagal

Cara Membuat Cireng Kriuk dan Empuk, Anti Gagal

Cireng Kriuk--Sajian Sedap - Grid.ID

TEGAL, radartegalonline - Gorengan merupakan salah satu makanan favorit bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Berikut cara membuat cireng kriuk dan empuk anti gagal yang perlu Anda ketahui.

Umumnya, gorengan yang dijual di pinggir jalan mempunyai beragam variasi mulai dari tahu, tempe, hingga cireng yang lezat dan nikmat.

Nah, salah satu gorengan yang cukup populer hingga saat ini yakni cireng. Gorengan cireng ini merupakan jajanan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji atau tepung aci.

Adapun cireng berasal dari kata ‘aci’ yang ‘digoreng’.

Tahukah Anda, cireng dapat dibuat sendiri di rumah, lho. Namun, apabila resep atau cara yang Anda gunakan kurang tepat.

Maka cireng buatan Anda dapat menjadi keras atau alot. Pasti hal tersebut akan merugikan Anda bukan.

Melansir dari ruparupa.com, berikut cara membuat cireng kriuk dan empuk anti gagal.

Cara Membuat Cireng Kriuk dan Empuk

Bahan-bahan

1.      250 gram tepung tapioka

2.      2 batang daun bawang

3.      5 siung bawang putih

4.      220 ml air panas

5.      1 sdr kaldu ayam bubuk

6.      Garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat Cireng

1.      Langkah pertama, haluskan bawang putih serta iris tipis daun bawang terlebih dahulu. Kemudian sisihkan ke dalam satu wadah.

 

2.      Di dalam wadah tersebut, masukkan tepung tapioka dan tambahkan garam. Aduk hingga tercampur rata dengan bawang putih dan daun bawang.

 

3.      Kemudian, rebus air hingga mendidih. Lalu, ambil 2 sdm adonan tepung tadi dan masukkan ke dalam rebusan air. Aduk hingga air berubah menjadi kental seperti lem. Campuran tersebut nantinya akan menjadi adonan biang.

 

4.      Beirkutnya, campurkan biang ke sisa adonan tepung tapioka. Aduk hingga tercampur rata menggunakan sendok atau tangan hingga bertekstur mudah dibentuk.

 

5.      Ambil 10 gram adonan, bulatkan terlebih dahulu, lalu pipihkan. Namun, Anda perlu hindari memipihkan terlalu tipis karena cireng Anda akan menjadi keras. Kemudian, ulangi membulatkan semua adonan hingga habis, lalu sisihkan ke dalam wadah.

 

6.      Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng cireng hingga berwarna putih kekuningan dan krispi. Cireng siap Anda santap.

 

7.      Apabila belum mau menyantapkan, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu ke dalam freezer, ya.

Nah, mudah sekali bukan dengan resep cireng krispi di atas? Anda pasti bisa ketagihan membuat cireng sebagai camilan sehari-hari.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyiapkan stoknya di kulkas. Jadi, apabibla Anda ingin mamakannya, Anda tinggal menggorengnya saja.

Lalu, bagaimana cara suoata cireng tidak alot?

Sebagian Anda tentu pernah makan cireng yang terasa alot dan susah digigit bukan? Kalau benar, berarti cireng tersebut dimasak dengan cara yang salah.

Nah, berikut ini beberapa tips supaya cireng tidak alot:

1.     Takaran adonan biang tersebut harus tepat yakni 1:2. Misalnya; 50 gram tepung dengan 100 ml air panas

Sumber: