Nikmatnya Kupat Glabed Kuliner Khas Tegal, Bikin Susah Move on

Nikmatnya Kupat Glabed Kuliner Khas Tegal, Bikin Susah Move on

Kupat glabed khas Tegal--

RADARTEGAL.DISWAY – Tegal merupakan Kota Bahari yang memiliki beraneka ragam kuliner khas. Salah satu kuliner khas Tegal yang wajib untuk dicoba adalah kupat glabed.

Mencicipi rasa gurih pada kupat glabed akan menggoyangkan lidah dengan rasa rempah yang nikmat. Kuliner khas Tegal ini memang salah satu makanan yang sangat menggoda selera makan.

Saat berada di Tegal, kupat glabed harus menjadi menu kuliner yang tidak boleh terlewatkan. Makanan tradisional ini sudah menjadi bagian dari kuliner khas Tegal yang sampai saat ini menjadi primadona.

Pada artikel ini, radartegal.disway.id akan mengulas secara detail tentang sejarah, keunikan, dan rekomendasi tempat untuk mencicipi kupat glebed yang nikmat.

BACA JUGA:Keliling Kota Tegal, Coba Salah satu Kuliner Tegal Tahu Aci yang Enak dan Terkenal

Asal Mula Kupat Glabed            

Kupat Glabed adalah kuliner khas Tegal yang memiliki menu utama ketupat dan kuah yang mirip dengan opor. Hidangan yang memanjakan lidah ini berasal dari Randugunting.

Asal-usul nama kupat glabed berasal dari istilah orang Tegal untuk mendeskripsikan kuah yang memiliki tekstur kental saat masuk ke mulut, oleh karena itu disebut glabed.

Kupat glabed adalah hidangan ketupat dengan ciri khas kuah kental dan gurih mengguyur. Biasanya makanan tradisional ini disantap dengan sayur tempe kuah kuning

Kuah kupat yang gurih berasal dari kaldu iga sapi yang direbus lama. Dilengkapi dengan kerupik mi kuning dan bawang merah goreng renyah, sajian ini semakin nikmat dan memanjakan lidah.

BACA JUGA:Jejak Sejarah Kuliner Khas Tegal Tahu Aci:Kuliner Lestari dari Zaman Penjajahan

Keunikan Kupat Glabed dan Kelezatannya

Sajian ketupat kuah kuning cerah ini sekilas mirip dengan hidangan opor ayam yang sering tersaji saat lebaran tiba. Namun, terdapat perbedaan yang terletak pada kuah kupat glabed yang bertektur lebih kental menyerupai sup krim.

Hal lain yang menjadikan ciri khas kupat glabed berupa taburan kerupuk kuning yang banyak di atasnya. Agar semakin lezat, remahan kerupuk wajib menutupi keseluruhan kupat glabednya.

Kupat glabed termasuk kuliner khas Tegal yang berbeda dari hidangan lain. Sajian ini berciri khas dengan potongan tempe memanjang di dalamnya dan dapat dinikmati bersama sate kerang yang lezat.

Isian dalam kupat glabed lain dapat berupa suwiran ayam maupun daging sapi agar semakin nendang rasanya. Selain itu agar bertambah nikmat, gunakan sambal cabai tumis merah.

BACA JUGA:Kupat Blengong Khas Tegal, Kuliner Sedap Gurih yang Susah Dilupakan

Rekomendasi Tempat Menikmati Kupat Glabed

Kuliner khas Tegal ini dapat dengan mudahnya ditemui di seluruh wilayah Tegal. Apabila menu ketupat biasanya identik dengan lebaran, kupat glabed menjadi makanan sehari-hari yang sangat umum.

Kupat Glabed sangat cocok untuk disantap saat sarapan, makan siang, maupun saat tidak enak badan. Tarif harga untuk seporsi kupat glabed berkisar antara Rp5 ribu – Rp15 ribu.

Jika kamu tertarik untuk merasakan langsung kenikmatannya, berikut beberapa tempat kupat glabed yang direkomendasikan.

1.  Kupat Glabed Bu Nunung, Jl. Merpati Randugunting, Tegal

2. Kupat Glabed Pak Makhal: Berada tepat di Alun-alun PJKA Tegal

BACA JUGA:5 Makanan Khas Pemalang yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Kota Grombyang Tersebut

Kupat glabed telah menjadi kuliner khas Tegal yang rasanya selalu menggiurkan dan bikin kangen. Namun, hidangan ini bukan sekadar makanan, melainkan bagian dari budaya Nusantara yang perlu kita lestarikan.

Yuk cicipi kenikmatan kupat glabed saat bergkunjung ke Tegal ya. Jangan lupa bagikan pengalamanmu saat menikmati sajian lezat ini.***

 

Sumber: https://www.bing.com/=kupatt+glabed+khas+tegal