Jalan Kretek-Kaligua Diperbaiki, Komisi III : Semoga Selesai Tepat Waktu

Jalan Kretek-Kaligua Diperbaiki, Komisi III : Semoga Selesai Tepat Waktu

Komisi III DPRD Kabupaten Brebes saat melakukan sidak di pembangunan ruas Jalan Kretek-Kaligua di Kecamatan Paguyangan.(istimewa)--

BREBES, radartegal.disway.id - Komisi III DPRD BREBES melakukan inspeksi mendadak (sidak) pembangunan ruas Jalan Kretek-Kaligua di Kecamatan Paguyangan, Selasa 18 Juli 2023 lalu.

Bersumber dari DAK senilai Rp19,7 miliar, ruas jalan yang bakal diperbaiki tersebut memiliki panjang lebih kurang 14 kilometer dan lebar 4,5 meter. Proses pembangunan ditargetkan rampung selama 157 hari. Perbaikan jalan sendiri telah, dilakukan sejak, Rabu 21 Maret 2023 lalu, oleh PT. Jaya Karya. 

Dalam proses perbaikan ruas jalan itu, sedikitnya ada 7 desa yang terdampak. Diantaranya Desa Wanareja, Desa Pandansari, Desa Cipetung, Desa Ragatunjung, Desa Kretek, Desa Wanatirta, dan Desa Taraban.

Ketua Komisi III DPRD Brebes, Achmad Mafrukhi mengatakan, perbaikan ruas jalan tersebut sudah ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya, kerusakan di ruas jalan tersebut sudah terjadi sejak lama. Karenanya, dia meminta proses perbaikan jalan tersebut bisa selesai tepat waktu.

"Apalagi akses jalan ini sangat penting bagi masyarakat sebagai jalur ekonomi. Termasuk menjadi jalur utama wisata menuju obyek wisata Kaligua dan lainnya," ujarnya.

Menjadi akses utama dalam aktivitas masyarakat, baik di hidang perekokomian, pariwisata, pendidikan, pertanian dan lainnya pihaknya akan memberikan perhatian dalam proses perbaikan jalan tersebut. Termasuk mengingatkan kepada pihak rekanan, supaya pekerjaan ini bisa digarap maksimal sesuai dengan tupoksi pekerjaan yang ditentukan.

"Kita akan pantau terus pekerjaan ini sampai selesai, supaya bisa maksimal, mengingat jalur ini sangat vital bagi masyarakat di Brebes," tegasnya.

Perbaikan ruas jalan tersebut mendapat sambutan dari masyarakat sekitar. Salah satunya, Kardi (50), warga Desa Pandansari. Pasalnya, dia berserta masyarakat lainnya sudah lama mendambakan perbaikan jalan tersebut.

"Sudah tahunan masyarakat di sini mengeluhkan jalan rusak parah. Alhamdulillah, tahun ini ada perbaikan. Semoga jalannya mulus untuk dilalui kendaraan," pungkasnya.***

Sumber: